Aksi Heroik Sang Satpam Taklukkan Peneror Bom, “Diganjar” Penghargaan

Bayu Andi Saputra. (foto:MS77)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Polresta Samarinda memberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang dinilai sangat berjasa dalam meringkus serta mengamankan pelaku teror Bom di Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank Rakyat Indonesia (BRI) Suryanata, Kota Samarinda, Provinsi Kalimatan Timur, Senin (13/2/2017).

Penghargaan yang diberikan tersebut berupa piagam kepada Bayu Andi Saputra seorang anggota Security (Satpam) BRI KCP Suryanata, Babinkamtibmas Polsekta Samarinda Ulu, Aipda Adrianus dan salah satu warga yang bernama Budimansyah, di halaman Mapolresta Samarinda, Jalan Slamet Riyadi, Selasa (14/2/2017) pagi, sekitar Pukul 07:00 Wita.

Upacara pemberian penghargaan kepada Bayu Andi Saputra, Aipda Adrianus dan Budimansyah. (foto:MS77)

Jalannya upacara serta penyerahan penghargaan tersebut langsung dipimpin dan diberikan oleh Kapolresta Samarinda Kombes Pol Eriadi, yang merasa sangat bangga terhadap ketiga pembarani tersebut. Ketiganya dianggap berjasa dalam mengamankan pelaku teror Bom tersebut tanpa memikirkan keselamatan diri sendiri.

“Ini adalah wujud apresiasi Polri terhadap masyarakat, di dalam membantu Polri mewujudkan situasi Kamtibmas. Kita ketahui bahwa di sana sewaktu peristiwa Bom tersebut, Satpam serta masyarakat melakukan tugasnya dengan resiko yang sangat besar. Dia terima baik itu dirinya sendiri maupun keluarganya kalau itu terjadi ledakan,“ ucap Kombes Pol Eriadi.

Tidak hanya itu, Kombes Pol Eriadi juga sangat mengapresiasi masyarakat sekitar yang turut serta membantu pada peristiwa Bom rakitan itu.

“Kepada masyarakaat bentuk kepeduliannya yang begitu besar sehingga kita juga memberikan penghargaan,“ tambah Eriadi.

Dia berharap, dengan adanya pemberian penghargaan tersebut, dapat membuat warga lainnya turut dalam menjaga keamanan, serta dapat mendeteksi dini gangguan Kamtibmas.

“Dengan ini, kami harap dapat semakin menambah semangat kerja, dan dapat diikuti oleh warga lain, guna saling menjaga dan turut serta membantu Kepolisian,” ungkap Eriadi.

Bayu Andi Saputra Security Bank BRI itu tak menyangka bisa dapat penghargaan tersebut, lantaran pada saat peristiwa itu terjadi. Dia lebih memikirkan keselamatan masyarakat terlebih pada saat kejadian itu nasabah BRI terbilang ramai.

“Saat kejadian ya spontan saja. Panikpun ada, tapi ya tetaplah tanggung jawab. Yang penting nyawa selamat dulu, penghargaan belakangan dan yang terpenting masyarakat selamat,“ singkat Bayu saat ditemui di Mapolresta Samarinda usai menerima penghargaan. (MS77)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password