Suka Rela, Satgas Pamtas RI-Malaysia Terima Penyerahan Senjata Rakitan Warga

Jalaludin serahkan senjata rakitan miliknya. (foto:1st)

DETAKKaltim.Com, NUNUKAN : Satuan Tugas Pengaman Perbatasan RI-Malaysia Yonif 611/Awang Long menerima penyerahan senjata api rakitan secara sukarela dari masyarakat di Pos Tembalang Rabu (1/2/2017).

Komandan Satgas Pamtas Yonif 611/Awl Mayor Inf Sigid Hengki Purwanto S Sos mengungkapkan, senjata rakitan yang diamankan Satgas bukan melalui sweeping, melainkan dengan upaya pendekatan dengan masyarakat sehingga tanpa unsur paksaan mereka menyerahkan senjata api yang mereka miliki.

”Ini diserahkan langsung oleh masyarakat kepada anggota kami, kami lakukan pendekatan persuasif sehingga dengan kesadaran mereka menyerahkan senjata api yang mereka miliki,”ujarnya.

Dijelaskan juga oleh Dansatgas bahwa, anggota Satgas Kopda Yasmin dan Pratu Feri Fadli saat anjangsana bertemu dengan seorang bernama Dewa, dan menceritakan bahwa Jalaludin mempunyai senjata api rakitan. Yang bersangkutan berkeinginan untuk menyerahkan senjatanya secara sukarela ke Pos TNI, akan tetapi takut terkena proses hukum.

Kopda Yasmin menyampaikan dan memberikan penjelasan bahwa, penyerahan senjata api rakitan secara sukarela tidak terkena proses hukum. Tapi memiliki senjata api rakitan bertentangan dengan hukum. Kemudian atas penjelasan tersebut, Jalaludin pemilik senjata api rakitan menyerahkan senjata tersebut ke pada Kopda Yasmin secara sukarela. (Penrem 091/ASN/LVL).

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password