8.000 Pengunjung “Serbu” Pantai Manggar, Giat SAR Temukan Anak Hilang

Putri (4) ditemukan Tim Giat Basarnas terpisah dengan orang tuanya di Pantai Manggar. Namun satu jam kemudian sudah bisa bertemu dengan orang tuanya lagi. (foto:Basarnas)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Sebagai salah objek wisata andalan pada masa liburan tahun baru, sudah dapat diprediksi Pantai Manggar Segara Sari akan disesaki pengunjung yang datang dari berbagai daerah wilayah sekitar Kota Minyak. Selaras dengan hal tersebut, pihak Badan SAR menaruh atensi penuh pada objek wisata yang terletak di pesisir bagian Timur Kota Balikpapan tersebut.

Setidaknya, pada Giat Operasi SAR Natal dan Tahun Baru 2016 ada beberapa objek vital yang menjadi perhatian Badan SAR Nasional (Basarnas) Kaltim Kaltara. Namun seperti yang dikatakan Kepala Basarnas Kaltim Kaltara Mujiono didampingi Kasie Ops Octavianto, ledakan pengunjung di Pantai Manggarlah yang paling menyedot perhatian pihaknya.

Juan terpisah
Juan, pengunjung asal Tenggarong ditemukan terpisah dengan orang tuanya. (foto:1st)

“Pengunjung membludak terutama di area parkir, jalan keluar dan masuk, ” terang Octavianto.

Dari data yang ada kebanyakan pengunjung berasal dari  luar kota seperti Samarinda, Bontang, Kukar, Penajam Paser Utara dan bahkan dari Banjarmasin.

Diketahui khusus di Kota Minyak, terdapat dua objek wisata pantai salah satunya Pantai Kemala Beach.

Sementara terhadap beberapa objek vital lainnya, sejauh ini relatif kondusif. Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Salahudin Sepinggan. Presentase penumpang yang menggunakan sarana transportasi udara, meningkat 30% dari hari sebelumnya namun dalam kondisi terkendali. Tidak terjadi penumpukan penumpang.

Sementara aktifitas di Pelabuhan Semayang Balikpapan sejauh ini masih terpantau. Namun dikatakannya aktifitas penumpang dan bongkar muat barang sampai sejauh ini masih terbilang sepi.

Pasalnya menginjak hari pertama tahun 2017, dari data pihak Pelindo hanya ada satu buah kapal  yang bersandar  yakni KM Santika. Untuk mem-back up setiap potensi kejadian bahaya, Basarnas sendiri berita nihil.

Sementara dari beragam objek vital di Balikpapan  tersebut, yang paling padati pengunjung  yakni di objek wisata Pantai Manggar Segara Sari.

Hingga Pukul 14:00 Wita, pengunjung di sana mengalami peningkatan hingga 8.000 orang. Dengan kendaraan roda dua mencapai 1.500 kendaraan dan roda empat 1.100 unit kendaraan.

“Tadi Posko siaga SAR khusus kami juga menangani dua laporan anak terpisah/hilang, ” terang Octavianto.

Pertama sekitar Pukul 13:00 Wita, seorang anak ditemukan personelnya bernama Juan. Beruntung pihaknya tak begitu kesulitan mencari keberadaan orang tua korban yang belakangan diketahui bernama Nani dan berasal dari Tenggarong.

Yang kedua pihaknya menerima informasi serupa sekitar Pukul 15:50 Wita. Seorang anak perempuan yang belakangan  mengaku bernama Putri (4).

“Yang terakhir masih dalam pencarian,” jelas Octavianto.

Ia menambahkan, dari sedikitnya tiga pantai yang ada dalam pengawasan pihaknnya, pengunjung di pantai Mangggar adalah yang tertinggi.

Untuk itupun pihaknya mendirika  Posko Siaga SAR Khusus bersama unsur bantuan dari pihak relawan Stekpala SMK N 1 Balikpapan, Balawista, Senkom, Satpolair Polres Balikpapan, Banda dan BPBD Pemkot Balikpapan. Pihaknya juga dalam kesempatan ini menghimbau agar sebisa mungkin para penunjung berhati-hati jika beraktifitas di kawasan perairan.

“Kondisi laut tenang, mulai pasang, presentasi pengunjung meningkat  60%,” jelas Octavianto. (Rsk)

Data pengunjung kawasan objek wisata pantai Kaltim Kaltara :

  1. Posko Siaga SAR Khusus Pantai Amal terpantau ramai diperkirakan mencapai -/+ 3.500 orang.
  2. Posko Siaga SAR Khusu di Pantai Teluk Lombok terpantau Ramai. jumlah pengunjung mencapai -/+ 2.700 orang.
  3. Pantai Kemala Beach Balikpapan : +/- 200 org
  4. Pantai Manggar Segara Sari : +/- 8.000 orang

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password