Mau Belanja Gadget Lebih Mudah? Coba di Sini

Andreas Wibowo, Elista Manda dan Riska Amelia. (foto:LVL)

 DETAKKaltim.Com,SAMARINDA : Setelah dua tahun terjun ke dunia penjualan online dengan menawarkan produk makanan, Cipika.co.id kini merambah penjualan gadget dan aksesorisnya untuk wilayah Kalimantan Timur khususnya Samarinda.

Hal itu terungkap pada pertemuan sejumlah awak media dengan management Indosat Ooredoo Divisi E-Commerce Andreas Wibowo, Elista Manda dan Riska Amelia di Café Zushioda Samarinda, Senin (19/12/2016) sore.

Menurut Andreas, kawasan Indonesia Timur termasuk Kalimantan Timur merupakan pasar yang masih potensial untuk pengembangan usaha ini. Meski tidak ada penelitian khusus tentang itu sebelum memutuskan merambah ke wilayah ini, namun ia mengatakan hal itu terlihat masih tingginya permintaan gadget dan aksesorisnya dari kawasan ini.

Riska Amelia -LVL
Riska Amelia menjelaskan produk eCommerce Cipika.co.id. (foto:LVL)

“Di Pulau Jawa persaingan sudah sangat ketat, sedangkan di kawasan Indonesia Timur masih terbuka peluang,” sebutnya.

Kepada Wartawan DETAKKaltim.Com, Riska Amelia mengatakan, berbelanja gadget secara online melalui Cipika.co.id akan menguntungkan konsumen karena bisa memperoleh barang dengan harga jauh lebih murah dibandingkan dengan berbelanja langsung ke outlet. Apa lagi kalau membeli produknya dalam jumlah tertentu.

“Kami memotong jalur distribusinya sehingga harga bisa lebih murah, apa lagi ada waktu-waktu tertentu kami mengadakan wholesale. Itu harga barang-barang yang ditawarkan jauh lebih murah,” jelas mantan wartawan salah satu stasiun TV swasta nasional ini.

Carlos Karo Karo, Division Head eCommerce Indosat Ooredoo mengatakan, di akhir tahun 2016, Cipika.co.id mengalami banyak perubahan yang positif, baik dalam tactical kinerja operasional maupun business kedepannya.

Saat ini secara operasional, Cipika.co.id mengalami kelonjakan gross merchandise value (GMV) hingga 70% dengan cost of promotion yang lebih rendah sampai degan 50% dari tahun sebelum nya. Nilai rata rata keranjang belanja mencapai Rp. 1.8 juta per transaction. Penambahan merchants dan Stock keeping value (SKU) ditahun juga ini meningkat sampai 40% didominasi oleh kategori gadgets.

Carlos Karo Karo
Carlos Karo Karo

“Meski Cipika.co.id masih terhitung marketplace baru, saya yakin Cipika.co.id mampu bersaing dengan kompetitor,” ucap Carlos.

Carlos menyatakan dengan adanya pengembangan yang sangat significant ini, Cipika.co.id akan semakin meningkatkan layanan dengan memperluas jangkauan pasar. Cipika.co.id adalah platform eCommerce yang memberikan akses langsung kepada resellers dari semua operator.

“Komitmen kami tahun 2017 mendatang adalah melibatkan online systems menjadi saluran distribusi untuk offline melalui outlet diseluruh negeri (online to offline). Cipika.co.id menawarkan margin lebih tinggi dengan produk berkulitas pada pedagang skala kecil/pengecer dengan harga yang lebih murah tanpa perlu modal besar,” ungkap Carlos.

Carlos menambahkan, ke depannya Cipika.co.id akan terus melakukan pengembangan untuk memfasilitasi kebutuhan pelanggan.

“Saat ini Cipika.co.id merupakan bisnis B2C (Business to Consumer dengan platform teknologi terintegerasi. Ke depannya platform kami akan mengarah kepada bisnis D2R (direct-to-retail) dengan model J-I-T (Just-in-time) yaitu sistem yang dirancang untuk menekan biaya dengan waktu se-efisien mungkin tentunya dengan kualitas terbaik,” tandasnya. (***/LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password