Makam Sesak, Pilih Tumpang Tindih Ketimbang Jauh

Lokasi yang jauh membuat warga Balikpapan enggan menguburkan keluarganya ke Km 15. (foto:Rsk)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Meski sudah lama beroperasi, Tempat Pemakaman Umum (TPU) Terpadu KM 15, Kelurahan Karang Joang Balikpapan Utara Kalimantan Timur, belum berjalan maksimal. Sejumlah warga memilih untuk tidak menguburkan jenazah ke TPU Terpadu Km 15 mengingat akses yang terlampau jauh.

Kepala Bidang Pertamanan dan Pemakaman DKPP Balikpapan Hairul Hilmi membenarkan kondisi tersebut. Padahal, lokasi TPU yang ada di tengah kota, kini sudah semakin sesak. Berdasarkan data DKPP sampai sejauh ini terdapat 31 TPU yang tersebar di seluruh pelosok kota. Hilmi sapaan akrabnya mengatakan  10 TPU di antaranya sudah ditutup.

“Warga memilih untuk melakukan tumpang tindih makam ketimbang memakamkan jenazah ke TPU kilometer 15. Padahal, TPU Balikpapan sudah semakin sedikit, yakni 21 TPU,” katanya, Senin (6/12/2016).

Dia menghimbau, agar warga mau menguburkan keluarganya di TPU Terpadu Km 15. Sebab, selain memiliki lahan yang cukup luas, TPU Terpadu Km 15 memiliki makam yang teratur. TPU kilometer 15 memiliki luas sekitar 43 hektar.

“Di sana (TPU Terpadu Km 15), juga sudah dikelola dengan baik,” imbaunya.

Dia juga membeberkan, prioritas pembangunan TPU mendatang yang akan diproyeksikan di kawasan Balikpapan Timur.

“Sekarang belum ada rencana lagi pembangunan TPU. Karena anggaran yang ada saat ini, minim. Tapi, kalau ada rencana pembangunan TPU, kemungkinan akan dipusatkan di daerah Timur,” pungkasnya. (Rsk)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password