Kapal Nelayan Karam, Satu Masih Hilang

Pencarian korban sehari setelah tenggelam belum membuahkan hasil. (foto:Basarnas)

DETAKKaltim.Com, BONTANG : Sejauh ini progres Operasi pelaksanaan pencarian terkait musibah kecelakaan kapal nelayan yang karam di sekitar perairan Bontang pada Selasa (6/12/2016) sekitar Pukul 21:00 lalu WITA masih terus dilakukan.

Kapal Pencari Ikan tersebut mengangkut total 3 orang awak penumpang tenggelam di perairan sekitar Bontang, Kaltim tepat pada Posisi 00 07′ 364″ N / 117 39′ 285″ E.

Belakangan dari informasi yang dihimpun Wartawan DETAKKaltim.Com, dua orang berhasil diselamatkan oleh sebuah kapal pencari ikan lainnya yang kebetulan tengah melintas.  Identitas Korban selamat sejauh ini diketahui bernama Tahamrin, (36) dan Sabri (34). Keduanya warga Jln MH Thamrin RT 026 Bontang.

Tim penyelam
Tim penyelam pencarian korban. (foto:Basarnas)

“Kedua Korban berhasil  selamat karen ditolong oleh kapal KM Harapan Utama yang kebetulan melintas Pada TW. 12.07 10.00 H,” terang Kepala Basarnas Kaltim/Kaltara Mujiono bersama Kasi Ops Octavianto, baru baru ini.

Sementara satu korban musibah lainnya bernama Daroyini (34) warga Jln Gunung Krakatau Hop 2 No 21  Bontang masih dinyatakan hilang.

Octavianto menyatakan, musibah ini terjadi akibat badai dan gelombang setinggi 3 meter.

Terkait operasi SAR ia menjelaskan, sejak Pukul 16:50 WITA Basarnas bersama unsur SAR gabungan lainnya tiba di LKP (Last Know Position) dengan bantuan informasi  nelayan setempat. Tim berhasil menemukan tali jangkar kapal milik korban dan kapal korban berhasil di temukan namun tak satupun korban ditemukan.

Selanjutnya pada sekitar Pukul 17:20 WITA Tim SAR berinisiatif melakukan penyelaman di Lokasi penemuan bangkai kapal korban tersebut. Namun Octavianto menerangkan karena kondisi sudah sore sehingga mengurangi  Visibility/jarak pandang di dalam air bagi diver/penyelam.

“Hanya bisa dilaksanakan selama kurang lebih 20 menit dengan kedalaman 47 Meter. Dan penyelam naik namun hasil sementara nihil,” terangnya.

Selanjutnya sekitar Pukul 17:55 WITA Tim Basarnas Pos SAR Kutai Timur  bersama Unsur SAR gabungan menghentikan sementara Ops SAR H1 dengan hasil nihil, tim kembali ke Posko di Bontang Kuala. Octavianto menambahkan operasi SAR akan dilanjutkan kembali besok pagi.

Unsur SAR yang terlibat dalam pencarian H+1 :

  1. Tim Basarnas Pos SAR Kutai Timur
  2. Lanal Bontang
  3. Pol Air Bontang
  4. BPBD Bontang
  5. KKP Bontang
  6. Potensi SAR Masyarakat sekitar. (Rsk)
 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password