Sebulan Gaji Rp300 Ribu, Balada Guru Honorer di Hari Guru

Herlinda, 8 tahun mengabdi sebagai Guru honor. (foto:My)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Di tengah  kondisi ekonomi yang makin menghimpit  saat ini,  sangat dirasakan dampaknya oleh para Guru honor, dengan penghasilan yang tak juga kunjung meningkat.

Seperti yang diakui Herlinda, seorang guru honor  yang telah mengabdi selama 8 tahun  di SDN 003 Samarinda Seberang Kalimantan Timur, yang mengurai harap,  melihat  kondisi ekonomi saat ini dengan  kebutuhan  yang  lebih besar dari gaji yang mereka dapatkan,  yang hanya pada kisaraan ratusan ribu rupiah.

“Jika bisa naik, kami harap gaji guru honor  juga bisa naik. Pemerintah semestinya melihat gaji kami  sebagai guru honor yang masih banyak di bawah standar,” harapnya, Selasa (22/11/2016).

guru
Sejumlah guru menghadiri peringatan Hari Guru dan HUT PGRI Ke-71 di Stadion Sempaja Samarinda. (foto:My)

Karena sebagai guru honor, Herlinda menerangkan, hanya mendapatkan gaji kurang lebih Rp900 ribu. Yang jelas di bawah  standar,  terlebih  guru honor  digaji berdasarkan masa kerja, sehingga ada juga guru honor yang hanya menerima  gaji  Rp500 ribu,  bahkan ada yang hanya mendapat gaji  sebesar  Rp300 ribu.

Sedangkan berharap dari insentif juga sulit, karena insentif guru dibayarkan kadang molor tidak sesuai dengan bulan pencairan semestinya.

“Insentif yang seharusnya dibayar pada bulan April kerap  dibayarkan tidak sesuai bulannya,” keluhnya kepada Wartawan DETAKKaltim.Com.

Berita terkait : Peringatan HUT PGRI Ke-71 Dihadiri 6 Ribu Guru

Ia berharap selaku guru honor, gaji yang diberikan sesuai. Terlebih banyak guru honor yang telah bekerja lebih dari 8 tahun belum juga diangkat sebagai PNS.

“Kami berharap gaji guru honor setidaknya  bisa sesuai dengan  Upah Minimum Kota, terlebih  mengingat sebagai guru kami harus menghadapi murid, sehinga butuh gaji yang sesuai,“ pungkasnya.  (*MY).

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password