Peringatan HUT PGRI Ke-71 Dihadiri 6 Ribu Guru

GOR Sempaja Samarinda penuh guru dalam peringatan Hari Guru dan HUT PGRI Ke-71. (foto:My)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Peringatan Hari Guru yang jatuh pada tanggal 25 November, serta hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang Ke-71 tahun dihadiri kurang lebih 6.000 guru dan mahasiswa serta  pelajar di GOR Sempaja Samarinda, Selasa,  (22/11/2016).

GOR Sempaja ternyata tidak mampu menampung semua yang hadir, sehingga tumpah ruah  hingga  ke halaman GOR.

Dengan mengambil tema peringatan “Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”,  Musharim selaku Ketua PGRI Kaltim di hadapan Gubernur  Awang Farouk,  beserta Wakil Gubernur Mukmin Faisal  yang menghadiri peringatan tersebut, menyampaikan amanat dari  PGRI Pusat.

Hj.Dayang Budiarti. (foto:My)
Hj.Dayang Budiarti. (foto:My)

Musharim memaparkan jika kehadiran PGRI sejak 25 November 1945, saat zaman revolusi, lahir dari kesadaran kebangsaan dan semangat perjuangan para guru, dosen dan tenaga kependidikan,  para pensiunan guru, para pegawai Kementerian Pendidikan dan Pengajaran yang baru didirikan.

“Mereka bersatu padu bertekad mencerdaskan bangsa, berjuang melawan kebodohan, dan mengisi kemerdekaan, di mana dengan lahirnya PGRI maka segala bentuk perbedaan dan perpecahan  kelompok  para guru  yang telah terjadi,  sepakat dihapuskan,” bebernya.

Karena pada saat tersebut, ungkap Musahrim,  puluhan organisasi guru membentuk satu-satunya organisasi profesi guru, yaitu PGRI. Untuk kemudian membangun kekuatan bersama dengan para anggota  PGRI agar kuat berwibawa  mengawal mutu pendidikan.

Sedangkan Dayang Budiarti, Kepala Dinas Pendidikan Kaltim menyampaikan, jika dalam peringatan Hari Guru kali ini akan dirangkai dengan beberapa kegiatan. Yakni pemberian penghargaan Guru Berprestasi dan Berjasa, penyerahan beasiswa Kaltim Cemerlang secara simbolis.

Termasuk digelarnya Rembuk Pendidikan dengan tema Meningkatkan Sinergitas Unsur  Kependidikan Dalam Membangun Ekosistem Pendidikan di Kaltim, serta Pelepasan Mahasiswa Perkeretaapian angkatan ke 3.

“Dan kami berharap pak Gubernur dapat melepas mereka, karena malam ini  Pukul 23:00 WITA  para  pelajar Kaltim yang lolos seleksi tersebut akan bertolak ke Rusia,“ pungkasnya. (*MY)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password