KPU Kutim Road to School

Pelajar SMA Negeri 1 Sangatta Utara mengikuti pendidikan pemilih pemula. (foto:MCKPU)

   *** Diikuti 180 Pelajar SMA Negeri 1 Sangatta Utara 

DETAKKaltim.Com, SANGATTA : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Timur menggelar pendidikan pemilih bagi pemilih pemula lewat program ‘KPU Kutim Road to School’ berlangsung di aula SMA Negeri 1 Sangatta Utara, Senin (21/11/2016).

Acara dibuka Kepala SMA Negeri 1 Sangatta Utara, Drs Hasbi, MPd diikuti 180 pelajar dari kelas 12.

Adapun materi dibawakan Ketua Divisi Peningkatan SDM, Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Kutai Timur,  Sayuti Ibrahim dengan tema “Menjadi Pemilih Rasional”.

Materi tersebut bersifat penanaman nilai-nilai demokrasi kepada pelajar agar bisa menggunakan hak pilihnya di pemilu, dengan penuh kesadaran tanpa adanya tekanan sekaligus menghindari praktik politik uang.

“Sebelum menentukan pilihan, maka kita terlebih dulu mencermati visi, misi dan program setiap pasangan calon. Selain  itu, cermati juga track record mereka. Setelah itu, silakan gunakan hak pilihnya di TPS. Jadi jangan memilih calon hanya karena adanya iming-iming politik uang, termasuk paket sembako dengan stiker bergambar pasangan calon,” tegasnya di hadapan ratusan pelajar.

Pada kesempatan itu, Sayuti menjelaskan tentang peran pentingnya pemilih pemula dalam pemilu. Karena jumlah pemilih pemula cukup potensial berkisar antara 15 hingga 20 persen dari total jumlah pemilih di setiap pemilu atau pemilihan. Sehingga sangat disayangkan jika hak pilih pemilih pemula tak digunakan.

Berita terkait : KPU Kutim Gelar Pendidikan Pemilih

“Hak pilih pemilih pemula sangat potensial karena jumlahnya cukup banyak, sehingga KPU mendorong pelajar yang usianya memasuki 17 tahun untuk merekam dan memiliki KTP elektronik, sebagai salah satu syarat untuk didata menjadi pemilih di Pilgub Kaltim 2018 nanti,” harapnya.

Acara ditutup setelah sesi tanya jawab. (mc/kpu-kutim)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password