Politisi PDIP Minta Genjot BUMD Untuk Capai Target PAD

Edy Kurniawan. (foto:1st)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Pendapatan Asli Daerah (PAD)` Kaltim diestimasi mengalami penurunan mengingat sumbangan dari BUMD juga mengalami penurunan yang sangat signifikan dari target.

Pada awal APBD 2016 PAD ditargetkan Rp5,089 triliun, namun belakangan target dipatok Rp3,92 triliun, dan pada P-APBD 2016 terdapat penurunan sebesar Rp1,168 triliun.

“Dengan ini Pemprov Kaltim harus segera merumuskan dan melaksanakan kebijakan besar dan strategis untuk membenahi BUMD, terutama untuk mendorong kinerja BUMD sebagai sumber PAD dan agen pembangunan,” kata Edy.

Politikus PDI Perjuangan ini mengatakan ketidakpastian atau fluktuasi dan kerentanan pendapatan dari sektor bagi hasil Sumber Daya Alam (SDA) seperti Minyak, Gas dan Batu Bara, sumber daya yang tidak dapat diperbaharui tetap akan menjadi penyumbang pendapatan Kaltim dan menjadi sumber utama. Sumber tersebut untuk pembangunan infrastruktur yang bersifat strategis, bersifat jangka panjang atau investasi, sumber dana perimbangan ini dianggap sebagai kelebihan pendapatan daerah.

Edy mencontohkan pada pembangunan Convention Hall, Gedung Education Center yang apa bila realisasi dana perimbangan dari bagi hasil SDA tidak mencapai realisasi nilai tertentu yakni minimal 60 persen dari target, maka rencana pembangunan gedung tersebut ditunda. Penundaan pembangunannya, kata Edy, tidak bakal menyebabkan rakyat kelaparan, atau meningginya pengangguran, atau juga penurunan angka harapan hidup.

“Pengaturan prioritas seperti tersebut yang diinginkan. Artinya prioritas pembangunan yang paling memberikan manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat,” ucap Edy, Senin (25/10/2016) di Kantor DPRD Kaltim.

Selain itu pula, apabila dana perimbangan bagi hasil SDA mencapai realisasi nilai tertentu, maka kelebihannya dapat dibelanjakan untuk menambah modal BUMD. Khususnya BUMD yang telah menunjukkan tata kelola yang baik dan kinerja pendapatan yang proporsional, dibandingkan dengan biaya operasional BUMD dan nilai investasi yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. (S2)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password