Warga Cuek Hasil Nihil, Kawasan Merah Narkoba 5 Kali Digerebek

Anggota Opsnal Polsek Balikpapan Barat melakukan penggeledahan di rumah tersangka pengedar Sabu kelas Kakap, namun hasilnya nihil. (foto:Rsk)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Sebelumnya pihak Polsek Balikpapan Barat tak asing dengan sosok BD.  Kapolsek Balikpapan Barat Kompol I Putu Yasa menjelaskan BD masuk dalam daftar target operasi pihaknya sejak awal tahun 2016.  Putu baru menjabat Kapolsek sekira pertengahan tahun. Kasus BD sendiri menjadi pekerjaan rumah tersendiri baginya.

Bagaimana tidak. Lebih dari 5 kali aksi penggerebakan dilakukan di sana. Namun kebanyakan hanya CCTV beserta petunjuk Sabu yang berhasil di sita. Putu menduga selain dilengkapi CCTV, kesulitan pihaknya akibat kurangnya kepedulian masyarakat sekitar Rt 07 terkait upaya memberantas jaringan pengedar Narkotika.

“Masyarakayat di sana kurang antusias,” beber bekas komandan Pos Apung Polres Nunukan ini, Senin (17/10/2016).

Pun terlihat saat penggerebakan dilakukan. Kawasan TKP sekitar yang sebelumnya dipasangi spanduk pengawasan oleh BNN tampak sepi. Seakan mereka mengetahui petugas akan datang. Selain Polisi hanya tampak Ketua Rt 06 pemukiman atas air tersebut mengawasi.

“Minimal jika tidak ada alat bukti akan kami urine. Pantauan kami tadi siang di sana ramai lagi, harus sosialisasi terus menerus di sini,” jelas Putu.

Ya, selain CCTV dan barang bukti terkait Sabu, Polisi maupun petugas BNN kerap mengamankan para  budak Sabu di sana. Pantauan Wartawan DETAKKaltim.Com, meski diawasi, para pemakai yang notabene pembeli Sabu memilih kucing-kucingan dengan petugas  Korps Bhayangkara. Kali terakhir pada medio Agustus lalu, jajaran Direskoba Polda Kaltim berhasil menciduk tiga petugas keamanan salah satu perusahaan sedang melakukan transaksi di sekitar Pelabuhan ITCI.

Sementara sesuai data yang dihimpun pewarta media ini, tak kurang ada lima kali upaya penggerebekan pernah dilakukan.  Termasuk salah satunya giat Operasi Berantas Sindikat untuk menangkap pelaku utama peredaran Sabu di kawasan itu.

Dari sana sedikitnya sudah ada tujuh buah CCTV yang diamankan sejak awal tahun.  Beberapa buah Senjata Api laras panjang, Revolver, Brankas, Air Soft Gun dan beberapa petunjuk Sabu seperti plastik bening dan korek api yang berhasil diamankan.

Meski kawasan itu telah dalam pengawasan Badan Narkotika Nasional  Kota (BNNK) Balikpapan  dan satu buah rumah kontrakan di Police Line, peredaran terselubung masih dilakukan.

Berita terkait : Target Diciduk, Pengedar Sabu Kelas Kakap Kabur Lewat Lubang

Diceritakan Putu, penggerebekan terakhir dilakukan bersama jajarannya juga pada  akhir bulan lalu. Tepatnya pada malam hari.

“Mulanya pada sore kemarin kita mendapat informasi ada transaksi di sana, petugas selalu kucing-kucingan dengan mereka. Kami sengaja tempatkan anggota khusus di tempat itu. Perlu langkah preventif untuk mengurangi peredaran Narkotika di sana,” beber mantan Kaurbinplin Ditpropam Polda Kaltim.

Barang bukti yang diamankan dari rumah terduga bandar ada 1 sendok penakar Sabu, 1 korek api Sabu, 2 pak plastik ukuran 3×5 cm, 2 buah sedotan, 1 buah ATM BCA, 2 buah timbangan digital, 1 botol larutan cap kaki 3. (Rsk)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password