PKS Menanti Rekomposisi Unsur Pimpinan DPRD Kaltim

Rapat Paripurna DPRD Kaltim. (foto:My)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Kedudukan unsur Pimpinan DPRD Kaltim beberapa waktu yang lalu sempat disomasi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), hal itu terjadi akibat DPRD Kaltim belum juga melakukan rekomposisi unsur  pimpinan Dewan.

Saat ini unsur  pimpinan DPRD Kaltim dipegang kader Partai Golkar sebagai Ketua Dewan, sedangkan  PDIP dan Gerindra serta Demokrat sebagai Wakil Ketua.

H Alung - My
H Syahrun, Ketua DPRD Kaltim. (foto:My)

Padahal pasca pemekaran Kalimatan Utara dari Kalimantan Timur, kursi Partai Demokrat di DPRD Kaltim menjadi berkurang akibat kepindahanan ke Kaltara.

Sehingga dengan kepindahan tersebut, maka kursi Partai Demokrat  yang berjumlah 4 kursi menjadi sama dengan kursi PKS.

Hal inilah yang disomasi oleh PKS, sebab meski  jumlah kursi sama dengan Demokrat, namun  PKS ungggul dalam jumlah perolehan suara. Sehingga seharusnya PKSlah yang berhak menduduki  kursi wakil pimpinan Dewan menggantikan Demokrat.

Namun hingga paripurna terakhir di DPRD Kaltim pada Selasa (11/10/2016), Andi Faisal Assegaf dari Demokrat  nampak masih menduduki kursi wakil pimpinan Dewan.

Padahal surat dari Gubernur kepada DPRD Kaltim untuk melakukan rekomposisi unsur pimpinan tersebut telah  pula dilayangkan,

Menanggapi hal ini, di sela-sela rapat paripruna tersebut H Syahrun Ketua DPRD Kaltim mengatakan bahwa terkait reposisi Demokrat di unsur  pimpinan Dewan saat ini  sedang  dalam proses.

“Kami akan rapat pimpinan lagi untuk membahas persoalan rekomposisi tersebut, yang saat ini menunggu 3  wakil pimpinan yang lain,” jelas  Syahrun.

Sedangkan terkait dengan PKS yang akan menggantikan posisi Demokrat sebagai wakil ketua Dewan, maka Syahrun mengatakan, hal tersebut harus melalui proses juga.

“Prosesnya sampai ada Keputusan Menteri, barulah bisa ada perubahan unsur pimpinan Dewan tersebut, “ pungkas Syahrun. (*MY)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password