Dua Kali Lolos Mencuri, Aksi Ketiga Tertangkap

Tersangka La Anto (tengah) diapit petugas. (foto:RSK)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Sepandai pandainya Tupai melompat suatu saat pasti akan terjatuh. Pepatah tersebut seperti yang menimpa La Anto (23), seorang pencuri kambuhan.

Tak tanggung tanggung, ia nekat mencuri sebanyak tiga kali di tempat yang sama. Dua aksi pencurian sebelumnya ia berhasil kabur. Namun seakan kecanduan, ia kembali mengulangi aksinya pada Jum’at, (7/9/2016) malam hari.

Namun pemilik rumah, Rachmad (29) yang sudah bosan kecolongan berhasil menangkap basah La Anto. Tempat Kejadian Perkara (TKP) pencurian sendiri terjadi di rumah bernomor Nomor 70 Rt 01, Halan Belibis Kelurahan  Gunung Bahagia Kecamatan Balikpapan Selatan Kalimantan Timur.

Pelaku, warga Perum Papan Lestari Blok F Kelurahan Sepinggan Balikpapan Selatan tersebut langsung digiring aparat Polsek Balikpapan Selatan.

Kepada petugas Polsek Balikpapan Selatan Rachmad bercerita.

Kronologis penangkapan berawal pada saat ia tertidur di kamar tidur. Tiba-tiba saat  terbangun ternyata HP yang berada di meja kamarnya sudah hilang. Selanjutnya ia menuju ke belakang rumah dan melihat pelaku yang hendak melarikan diri. Enggan kecolongan ketiga kalinya, ia pun langsung mengejar pelaku. Pelaku pun tertangkap karena sudah tak ada jalan keluar.  Petugas yang dihubungi datang tepat waktu dan berhasil mengamankan pelaku. Satu buah handphone Assus warna hitam yang disita dari tangan pelaku berhasil diamankan.

Sebelumnya, Rachmad mengatakan dirinya juga mengalami kecolongan atas kasus serupa sebanyak dua kali. Kejadian terakhir terjadi sekitar 3 bulan lalu. Kala itu, satu buah handphone merk serupa, Asus raib. Sementara untuk kejadian lainnya ia mengaku lupa. Kala itu satu buah handphone merk Nokia yang raib.

“Meski tak seberapa minimal ada efek jera dari pelaku,” jelas korban.

Saat penyelidikan terhadap pelaku  dilakukan, Kapolsek Balikpapan Selatan AKP Syarifah Nurhuda melalui Kanit Reskrim Ipda  Hadi Purwanto memastikan bahwa pelakunya merupakan orang yang sama.

“Setelah kami periksa pelaku juga mengakui bahwa dia yang juga mencuri sebelumnya,” jelas Hadi kepada Wartawan DETAKKaltim.Com, Senin (10/10/2016) di Polseki Balikpapan Selatan.

Hadi mengatakan  pelaku tidak mengenal sosok korban.

“Jadi dia pilih rumahnya secara acak saja, nah yang kali ini dia kena getahnya,” terang Perwira berpangkat balok satu itu.

Baca juga : Cemburu, Dua Gigi Depan Twitti Rontok Ditendang Brondongnya

Sejauh hasil pemeriksaan, Polisi tidak menemukan catatan hitam terhadap pelaku. Terkait ketiga barang bukti Hp yang dicuri pelaku, Hadi mengatakan semuannya telah dijual.

“Yang Asus dijualnya Rp1 juta 7 ratus,” beber Hadi.

Terkait motif pencurian yang dilakukannya, La Anto mengaku sehari hari berprofesi sebagai buruh bangunan.

“Untuk kebutuhan sehari hari aja pak,” bebernya saat ditemui di Mapolsek Balikpapan Selatan. (Rsk)

 

 

1 Comment

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password