Gerakan Sholat Subuh Berjamaah Kaltim, Masdar : Israel Khawatir

Gerakan Sholat Subuh Berjamaah. (foto:My)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sebagai upaya untuk meramaikan dan memakmurkan masjid-masjid maka gerakan Sholat Subuh berjamaah, kembali dicanangkan se-Kaltim pada Minggu 9 Oktober 2016 di Masjid Raya Darussalam Samarinda.

Diungkapkan Masdar Amin, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda Jum’at (7/10/2016), pencanangan tersebut adalah kali kedua digelar setelah 3 bulan sebelumnya gerakan  Sholat Subuh berjamaah digelar.

Masdar Amin menyambut baik gerakan Sholat Subuh berjamaah tersebut, menurutnya perlu keseriusan bersama di dalam mensukseskan gerakan yang akan dilakukan di saat subuh  hari tersebut.

H Masdar Amin
H Masdar Amin, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda. (foto:My)

Hal ini mengingat waktu gerakan tersebut adalah saat orang masih tidur, harus  bangun subuh dan menunaikan  ibadah Sholat Subuh ke masjid.

“Mudahan pencanangan yang kedua ini akan lebih banyak lagi jamaah masjid yang mengikutinya,  dibandingkan dengan pencanangan  gerakan Sholat Subuh berjamaah  pertama, “ harapnya.

Sholat Subuh berjamaah ini menurut Masdar Amin sangat istimewa, karena mempunyai pengaruh tersendiri terhadap perkembangan Islam ke depan.

Karena itulah  Masdar Amin  tak menampik gerakan Sholat Subuh berjamah ini akan seperti  gerakan Sholat Subuh berjamaah yang dilakukan di Negara Turki, Sholat Subuhnya seperti Sholat Jum’at  yang ramai oleh para jamaah  memenuhi masjid- masjid.

Sedangkan mengapa Sholat Subuh yang dipilih untuk memakmurkan masjid, dibandingkan dengan sholat fardhu yang lain, Masdar Amin menjelaskan, bahwa ada banyak  keuntungan pada saat  Pukul 04:00 subuh.

Karena waktu tersebut menurut Masdar Amin adalah waktu yang dapat diisi dengan melaksanakan banyak ibadah semacam  Sholat Tahajjud.

“Kemudian kala masuk waktu  fajar dapat melaksanakan Sholat Sunah Fajar, yang menurut Rasulullah lebih baik dari apa yang ada di langit dan di bumi, sehingga pahalanya luar biasa ” terang Masdar Amin.

Selanjutnya adalah nilai dari Sholat Subuh itu sendiri, yang bila dilakukan secara berjamaah,  selain mendapat pahala juga berkaitan dengan wibawa umat Islam. Masdar Amin  mencotohkan Negara Israel yang  khawatir jika melihat  jamaah Sholat Subuh  banyaknya sama seperti  jamaah Sholat Jumat.

“Itulah istimewanya Sholat Subuh berjamaah, ada kekuatan rohaniah di sana,” pungkasnya (*MY)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password