Data BPS, Erau Tenggarong Tingkatkan Jumlah Wisman

Penampilan delegasi Mesir pada Erau 2015. Event budaya tingkatkan kunjungan wisman ke Kaltim. (foto:LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA :  Dari data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kaltim, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Kalimantan Timur pada bulan Agustus 2016 adalah 2.502, atau bertambah 827, dibanding bulan sebelumnya yang mencapai 1.675 kunjungan.

Selama Januari – Agustus 2016, tercatat sebanyak 8.677 kunjungan wisman yang masuk melalui pintu Balikpapan.

Secara komulatif terjadi peningkatan sebesar 61,53% dibanding jumlah kunjungan pada  periode yang sama tahun sebelummya, yakni sebesar 5.310 kunjungan.

Farishayana
Farishayana. (foto:My)

Jumlah wisman yang masuk ke Kalimantan Timur pada bulan Agustus 2016 tersebut  memberikan kontribusi sebesar 0,25% terhadap total wisman yang berkunjungan ke Indonesia, secara  Nasional mencapai 982.333 orang.

Menigkatnya jumlah wisatawan yang masuk ke Kaltim di bulan Agustus tersebut menurut Farishayana, Kabid Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kaltim, Senin (3/10/2016) adalah karena  pengaruh  adanya event budaya  yang digelar di bulan tersebut semacam  event Erau di Kukar.

“Di bulan-bulan biasa jumlah wisman yang masuk ke Kaltim hanya pada kisaran 500 dan 700 an,” ungkap Yana.

Dijelaskan, adanya event budaya memberikan pengaruh tingginya  wisman yang berkunjung ke Kaltim. Kondisi lonjakan wisman  di bulan event budaya tersebut  terjadi sejak  dua tahun yang lalu.

Adanya promosi budaya  yang dilakukan, menurut Yana, juga menjadi salah satu sebab  lonjakan wisman tersebut. Dan pasca event budaya selesai jumlah wisman tersebut diperkirakan akan kembali menurun.

“Terlebih tujuan destinasi kita belum ada yang bisa di jual, meskipun tetap ada yang berkunjung ke Kaltim namun hanya dalam rangka  bisnis pekerjaan,“  pungkas  Yana.

Adanya kunjungan wisatawan ke Kaltim tersebut, juga memberikan pengaruh pada Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Kaltim.

Pada Bulan Agustus 2016 tingkat hunian kamar  mencapai  50,18%,  mengalami kenaikan 6,22% dibanding Juli 2016 sebesar 43,96%. (*MY)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password