Semarak Bulan Bahasa, Murid SD Muhammadiyah Juara Lomba Dongeng

Mereka para juara baca dongeng dalam rangka peringatan Bulan Bahasa di Kaltim dan Kaltara. (foto:FBMM)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Semarak Bulan Bahasa 2016 garapan Kantor Bahasa Kalimantan Timur (KBKT) hingga kini masih berlanjut.

Di Aula KBKT dan Ruang Batu Lepoq, Hotel Mesra Internasional berlangsung lomba baca dongeng murid Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) seKaltim dan Kaltara, Sabtu (1/10/2016).

Sebanyak 36 dari 46 peserta asal Samarinda, Balikpapan, Kutai Kartanegara terdaftar, dan menunjukkan kemampuan membacakan dongeng karya sastrawan Kaltim, Johansyah Balham.

Koordinator Internal KBKT, Yudiati Ernawati dalam sambutan pembuka acara mewakili Kepala KBKT Imam Budi Utomo yang sedang jalankan tugas luar daerah menyampaikan agar peserta semangat mengikuti lomba.

“Saat ini, Pak Imam sedang tugas di Jakarta, dan titip salam dan berpesan ke peserta lomba baca dongeng tetap semangat,” kata Yudiati saat membuka acara

Dijelaskan Yudiati, berbagai lomba digelar KBKT agar Bulan Bahasa 2016 di Kaltim makin semarak. Khusus lomba baca dongeng, diharapkan lahir bibit-bibit muda pendongeng di Kaltim dan Kaltara.

“Melalui berbagai lomba sastra ini, kami ingin tumbuhkan jiwa sastra sejak dini. Sehingga, minat terhadap seni dan sastra seperti dongeng lebih menggeliat,” sebutnya.

Yudiati menambahkan, berbagai lomba seni dan sastra yang digelar dalam memperingati bulan Bahasa ini berkat kerja sama Forum Bahasa Media Massa (FBMM) dan Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Kaltim.

“Selamat kepada peserta yang sukses meraih juara. Bagi yang belum berhasil, jangan berkecil hati. Tetap semangat dan jangan patah arang untuk ikut lomba-lomba dimasa mendatang,” tambah Yudiati.

Nurul Boyong Juara Pertama

Ketua Tim Juri Djohansyah Balham saat mengumumkan hasil lomba menyampaikan, penilaian juri mengacu pada penilaian objektif tim juri yang terdiri atas sastrawan, rumah dongeng, Hiski dan FBMM Kaltim.

Keluar sebagai pemenang pertama atas nama Nurul Aisyah, murid asal SD Muhammadiyah 4 Samarinda yang meraih nilai tertinggi, yakni 633 poin dan berhak membawa pulang piala dan uang pembinaan Rp2 juta.

Nurul didapuk sebagai juara pertama karena memenuhi unsur penilaian utama, meliputi intonasi, ekspresi dan penampilan apik dibanding 5 finalis pada babak final di Ruang Batu Lepoq, Hotel Mesra Internasional.

Juara kedua diraih Debora Intania S (SDK Sunodia Samarinda) dengan nilai 630 poin, juara ketiga Direbut Aishka Vairana Putri Aditya (SDIT Al Aulya 2 Balikpapan) dengan nilai 615 poin.

Berita terkait : Sisihkan 66 Peserta, Siswi Tenggarong Juara Lomba Baca Puisi

Selanjutnya, juara harapan pertama diisi Gusti Kayla FH (SDIT Cordova) dengan nilai 613 poin, Namira Naya Asrinda (SDN 018 Samarinda) dengan nilai 601 poin meraih juara harapan kedua dan harapan ketiga diraih Agnes Putri Saragih (SDK Hati Kudus) dengan nilai 580 poin.

“Penilaian terhadap peserta lomba cukup kompetitif. Perolehan nilai hanya terpaut tipis. Inilah lomba, ada yang menang, ada yang kalah. Tapi, masih banyak kesempatan bagi yang kalah, untuk menang pada lomba-lomba mendatang. Tetap semangat dan teruslah belajar dan berkarya,” pesan Djohansyah. (*)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password