Kaltim di PON XIX, Amankan Posisi 5 Siap “Kudeta” Jateng di Peringkat 4

Andi Harun, Wakil Ketua Kontingen I didampingi Bendahara Umum Kontingen Kaltim Syafruddin AH menyerahkan bonus sebesar Rp15 juta kepada atlet Taekwondo peraih Medali Emas, Mariska. (foto:Syafruddin AH/1st)

DETAKKaltim.Com, BANDUNG : Perlahan Kontingen Kalimantan Timur pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di tanah legenda Jawa Barat memperbaiki posisinya dalam peringkat perolehan medali.

Meski memulai debutnya dengan cukup apik setelah Cabang Olahraga (Cabor) Dayung mempersembahkan Medali Perunggu di hari pertama, namun kemudian mengalami kevakuman perolehan medali di hari-hari selanjutnya yang membuat kontingen was-was di tengah mencuatnya isu kecurangan tuan rumah, sebelum kemudian diretas Cabor Panjat Tebing yang berhasil meraih Medali Emas yang disusul Cabor Layar di hari yang sama.

Atlet Panjat Tebing peraih Medali Emas - Zai
Atlet Panjat Tebing Kaltim peraih Medali Emas di nomor Bolder Mix. (foto:Zai)

Seolah isyarat dari “langit” melalui Cabor Panjat Tebing dan Layar bahwa prestasi Kaltim akan terus menanjak dan melaju, satu demi satu Medali Emas dan Medali Perak serta Perunggu dipetik atlet-atlet Kaltim dari berbagai Cabor dalam beberapa hari berikutnya.

Perlahan peringkat Kaltim mulai menapak ke posisi target 5 besar. Di hari ke 10 posisi Kaltim telah bercokol di peringkat 8 dengan perolehan medali (10-17-36) setelah sebelumnya berada di posisi 9 di hari ke 8 dengan medali (6-11-20).

Atlet Cabor Layar peraih Medali Emas. (foto:Teddy)
Atlet Cabor Layar peraih Medali Emas. (foto:Teddy)

Di hari ke 11 kontingen Kaltim betul-betul telah melesat bak meteor ke peringkat 5 menggeser Sumatera Utara setelah sejumlah cabor merebut Medali Emas, Perak dan Perunggu dalam satu hari. Meski belum aman, namun menurut Syahril Bardin, Wakil Sekretaris IV Kontingen Kaltim cukup baik karena sejumlah cabor masih memiliki peluang yang bagus untuk meraih medali.

“Belum aman hingga akhir PON, tapi insya Allah posisi kita baik,” ujar Syahril dikutip dari group WhatsApp Info PON XIX 2016, sebuah group internal Kontingen Kaltim.

Nyatanya, di hari ke 12 posisi Kaltim memang semakin kokoh setelah Cabor Anggar dan Kempo turut memberikan sumbangsih Medali Emas dan sejumlah cabor lainnya menyumbang Medali Perak dan Perunggu sehigga perolehan medali Kaltim menjadi (17-28-54) dari sebelumnya “hanya” (15-25-47).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Wartawan DETAKKaltim.Com hari ini Selasa (27/9/2106), merupakan hari ke 13 perhelatan PON XIX/2016. Kaltim telah mengumpulkan Medali Emas 22 keping.

Berita terkait : Kaltim di PON XIX, Kaltim Kokoh di Peringkat 5 Usai Anggar dan Kempo Sumbang Emas

Meski baru sebatas informasi internal Kontingen Kaltim dari Bidang Pertandingan, namun ini bisa menjadi isyarat penasbihan bahwa Kaltim semakin mengokohkan posisinya di peringkat 5 besar, dan di saat yang sama tengah mengambil posisi untuk “mengkudeta” peringkat 4 saat ini yang dipegang Kontingen Jawa Tengah (Jateng), jika perolehan Medali Emasnya tidak bertambah hari ini (21-44-61). (LVL)

 

 

1 Comment

  • sadiq sahil Reply

    September 28, 2016 at 16:16

    Moga kaltim dpt menggeser jateng ke petingkat 4. Insya Allah kaltim bisa…kaltim dahsyat

     

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password