Lestarikan Budaya Butuh Campur Tangan Pengusaha

HM Aswin, Kepala Dinas Pariwisata Kaltim. (foto:My)

     *** HM Aswin : Atraksi Seni Budaya Kita Kaya

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA :  Untuk menarik minat masyarakat terhadap budaya asli Kaltim agar tetap lestari dan bisa menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Kaltim, maka perlu upaya untuk menyediakan sarana pertunjunkan seni, yang hingga saat ini belum dimiliki Kaltim secara khusus.

Kostum Karnaval bernuansa Hutan Mangrove persembahan delegasi Balikpapan
Kostum Karnaval bernuansa Hutan Mangrove persembahan delegasi Balikpapan pada Festival Kemilau Budaya Kaltim X/2016. (foto:My)

“Jika untuk atraksi seni budaya kita sangat kaya, cuma ada nggak pengusaha yang mau bikin gedung tetap. Di situ diadakan pertunjukan tari dan kesenian, pakai tiket masuk, itu belum ada, “ keluh  HM Aswin, Kepala Dinas Pariwisata  Kaltim, Sabtu ( 24/9/2016).

Disebutkan Aswin, semua pertunjukan budaya di tempat kita ini gratis di tempat terbuka.

”Ada Erau atau hari ulang tahun kabupaten kota, baru ada pentas dan atraksi seni,“ imbuhnya.

Aswin pun mencontohkan seperti Negara Thailand dan Bali yang memang memiliki gedung pertunjukkan khusus budaya yang dapat ditiru.

“Jika gedung pertunjukkan tersebut ada, ditambah fasilitas hiburan yang lain, maka orang akan berdatangan  untuk menonton pertunjukkan budaya tersebut,” terang Aswin.

Terkait peran  Pemerintah Provinsi Kaltim, Aswin menjelaskan, jika sejauh ini Pemerintah Provinsi Kaltim  telah membangun gedung pertunjukkan semacam Taman Budaya dan Gedung Kesenian, namun pengelolaannya berbeda jika dilakukan oleh pengusaha.

“Jika pengusaha yang membangun gedung pertunjukkan maka akan mati-matian promosi agar investasinya kembali, serta memiliki jaringan. Sedangkan  jika pemerintah  yang mengelola maka  promosi yang dilakukan seadanya saja, “  terang Aswin.

Berita terkait : Festival Kemilau Budaya, Etalase Kaltim

Karena itu, menurut Aswin, untuk mengawalinya peran dari pemerintah hanyalah sebagai  pendobrak, sedangkan  selanjutnya harus ada pihak swasta  yang  mengerjakannya. (*MY).

 

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password