Budayawan, Kaltim Bisa Jadi Seperti Bali

Festival Kemilau Budaya Kaltim hadirkan keanekaragaman budaya yang ada di Kaltim. (foto:My)

     *** Yati : Kaltim Harus Tahu Budaya Sendiri

 DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Kalimantan Timur sebagai  daerah yang kaya akan budaya, maka bumi etam ini memiliki potensi wisata budaya  yang dapat dikembangkan. Jika di kelola dengan baik dengan  promosi, maka tidak menutup kemungkinan Kaltim  bisa menjadi seperti Bali, sebagai daerah tujuan wisata di Indonesia yang telah dikenal  mancanegara.

Satu di antara sekian banyak peserta Festival Kemilau Budaya Kaltim. (foto:My)
Satu di antara sekian banyak peserta Festival Kemilau Budaya Kaltim. (foto:My)

Hal ini diungkapkan Desak Purnama Yati, Sabtu (24/9/2016) budayawan Kaltim yang juga pengurus di Dewan Kesenian Kaltim. Di mana  Desak Purnama  Yati meyakini jika  Kaltim berpotensi untuk menjadi seperti Bali.

“Pemerintah Provinsi Kaltim jika ingin seperti Bali, maka pola masyarakat Kaltim terlebih dahulu harus dibina, agar tahu akan budaya, sehingga  bisa mengenal dan merasa memiliki budaya tersebut ,“ ungkap Yati.

Menurutnya, jangan sampai timbul rasa apatis  terhadap seni, dan menganggap seni  hanyalah untuk orang seni saja.

Yati juga menjelaskan, jika  Kaltim memiliki potensi budaya dan kerajinan  tradisional  semacam kain tradisional yang dapat digunakan untuk menarik wisatawan mancanegara.

karena itulah Yati menyarankan, agar tempat yang biasa ada konsentrasi massa,  misal di  komplek pertokoan yang memiliki  arena luas, digunakan sebagai pentas seni dan budaya.

Yani  mencontohkan seperti komplek  pertokoan  Citra Niaga, sangat disayangkan hanya di gunakan untuk tempat berjualan pedagang kaki lima, padahal Citra Niaga memiliki arena yang bisa dimanfaatkan untuk pentas seni.

“Jika tempat – tempat tersebut digunakan untuk pentas kolaborasi budaya yang ada di Kaltim, maka tidak menutup kemungkinan, tempat tersebut akan ramai pengunjung, yang setidaknya dapat makin mengenalkan budaya Kaltim  ke masyarakat,” jelas  Yani.

Berita terkait : Festival Kemilau Budaya, Etalase Kaltim

Dengan makin dikenalnya budaya di tengah masyarakat, lanjut Yani, serta   rutin  dipentaskan, maka akan  menjadi daya tarik wisatawan  berkunjung ke Kaltim di waktu kapan saja. Tidak hanya menunggu jika ada event budaya di Kaltim semacam Erau. Yang mana kunjungan wisatawan tesebut dapat meningkatkan  Pendapatan Asli  Daerah (PAD) seperti halnya Bali.  (*MY)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password