Festival Kemilau Budaya, Etalase Kaltim

Festival kemilau budaya sebagai etalase kerukunan hidup di Kaltim. (foto:My)

            *** Harmoni Kerukunan Hidup Beragam Etnis di Benua Etam

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Untuk yang kesepuluh kalinya Pemprov Kaltim melalui Dinas Kebudayan dan Pariwisata Kaltim, kembali menggelar Festival Kemilau Kaltim yang merupakan  ajang kalender tahunan budaya  bumi etam.

Ajang yang digelar sejak tanggal 23 September hingga 26 September 2016 di Komplek Samarinda Convention Hall tersebut,  berisikan  beragam pagelaran seni dan budaya dari seluruh Indonesia, yang  ditampilkan oleh  19 perwakilan etnis dan paguyuban yang ada di kaltim. Serta atraksi  seni dan budaya  dari  seluruh kabupaten kota di Kaltim termasuk perlombaan  kesenian daerah.

HM Aswin
HM Aswin HM Aswin Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim. (foto:My)

Sebagai ajang untuk mempromosikan budaya local, HM Aswin Kepala Dinas  Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim, kala ditemui di lokasi festival, Sabtu (24/9/2016) optimis dengan  penyelenggaraan Festival Kemilau Kaltim, akan sesuai dengan target yang diharapkan. Termasuk menyedot animo masyarakat, sehingga dapat mengenal bahkan mencintai budaya bumi etam.

“Adapun target dari penyelenggaraan Festival Kemilau Kaltim ini adalah untuk memperkenalkan budaya Kaltim, serta  meningkatkan kualitas seni dan budaya Kaltim dengan penampilan atraksi yang lebih baik, sehingga dapat  menjadi etalase budaya  dari  Kalimantan Timur,” terang  Aswin.

Sebagai etalase, maka para peserta dan pengunjung  menurut HM Aswin,  akan mengetahui seni dan budaya asli daerah,  maupun  etnis luar daerah yang  tinggal di Kaltim, semacam etnis Banyuwangi, Jawa, Trenggalek, Banjar, Madura, Bugis dan lain sebagainya.

“Dengan  beragam  etnis  hidup berdampingan,  maka akan  terlihat   kerukunan  hidup yang  harmoni warga Kalimantan Timur,  meski  berasal dari  berbagai latar budaya yang berbeda,” pungkas Aswin. (*MY)

 

 

3 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password