Dongkrak Ekonomi Warganya, Kades Giri Purwa Kembangkan Tanaman Cabai

Sudarno, Kepala Desa Giri Purwa Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) di kebun Cabainya. (foto;Amran)

DETAKKaltim.Com, PPU : Mendorong pertumbuhan ekonomi dan pendapatan warga desa dengan terobosan mengubah lahan non produktif menjadi lahan yang menghasilkan uang, merupakan harapan pemerintahan desa.

Salah satu usaha alternatifnya adalah dengan budidaya Perkebunan Cabe, karena dengan modal kecil bisa menghasilkan keuntungan besar, mengingat cabai menjadi sala satu bumbu yang dicari ibu rumah tangga. Demikian Sudarno, Kepala Desa Giri Purwa Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur menyebutkan.

Menurutnya, harga Cabai yang selalu melonjak naik menjadi potensi keuntugan besar bila jual di pasar. Hal ini yang menjadi motivasi untuk memberikan contoh dengan membudidayakan Tanaman Cabai di lahan setengah hektar.

“Setengah hektar ini sudah menghasilkan jumlah yang lumayan, seminggu bisa menghasilkan 120 kilogram dengan harga terendah Rp1.500 per kilo,” bebernya.

Masalah pasar sudah diantisipasi dengan bekerja sama para pembeli Cabai. Menurutnya, harga pasar masih bagus meski turun naik di pasaran, namun penurunan  harga cabai tidak membuat petani rugi.

“Sumber rezeki salah satu kelompok taninya yang beranggotan 40 orang dengan luas areal 5 hektar akan menjadi lahan Perkebunan Cabe,” imbuh Sudarno, Jum’at (23/9/2016) di ruang kerjanya.

Lebih lanjut dijelaskan, salah satu tantangan dalam berkebun Cabai adalah persoalan hama. Antisipasi hama penyakit Cabai merupakan faktor yang cukup besar dalam budidaya tanaman bumbu dapur yang satu ini.

“Agar sukses usaha Cabai kita harus mengenali penyakit Cabai,” tandas Kades Giri Purwa ini. (Amran)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password