Dituding Tidak Komunikatif, Warga Sotek PPU Protes PT BWL dan PT BS

DETAKKaltim.Com, PPU : Sekitar 50 orang warga melakukan unjuk rasa sebagai bentuk ketidakpuasan atas PT Balikpapan Wana Lestari (BWL) dan PT Belantara Subur (BS) di Kelurahan Sotek, Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, Rabu (14/9/2016).

Aksi unjuk rasa warga mendapat dukungan beberapa ormas, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

“Unjuk rasa ini terjadi karena kurangnya komunikasi pimpinan perusahaan dengan masyarakat,” beber Julfirman, koordinator unjuk rasa dari Ormas Pemuda Pancasila.

Dalam dialog dengan Pimpinan PT Balikpapan Wana Lestari,  Firman membeberkan, kurang responnya perusahaan terhadap pemukiman warga dan kurangnya respon perusahaan terhadap jalan pemukiman warga, yang sangat licin bila musim hujan dan kurangnya penyiraman debu jalan di saat musim kemarau, menjadi penyebab lain dari aksi unjuk rasa tersebut.

Selain itu, kata Firman, tenaga kerja lokalpun tidak mendapatkan kesempatan bekerja di perusahan.

“Seharusnya tenaga lokal menjadi prioritas, bukan jadi penonton di kampung sendiri,” tegas Firman.

Beberapa usulan warga masyarakat langsung mendapat tanggapan positif dari pimpinann PT Balikpapan Wana Lestari dan PT Belantara Subur. Pihak perusahaan berjanji akan mengakomodir keluhan-keluhan warga Sotek.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban saat terjadi aksi unjuk rasa, Polres dan Polsek Penajam Paser Utara (PPU) yang dipimpin Wakapolres Sukarman menurunkan 60 orang personil. (Amran)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password