Pertama di Indonesia, Kukar Gelar Pilkades Serentak

apel gelar pasukan pengamanan Pilkades pekan lalu (IST)

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Sebanyak 778 personel dari Kepolisian Resor (Polres) Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur dipersiapkan untuk  pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kukar yang akan diselenggarakan pada Kamis (15/9/2016).

Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen mengatakan, 778 personel tersebut terdiri dari anggota Polres Kukar sebanyak 475 orang dan BKO Polda Kaltim 303 orang.

Menurut AKBP Fadillah, ada 165 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 71 desa di wilayah Kukar yang melaksanakan Pilkades dan akan mendapatkan pengamanan dari personil Polri.

“Tanggal 14 September anggota kita akan bergeser untuk melakukan pengamanan,” terangnya usai apel gelar pasukan pengamanan Pilkades pekan lalu.

Terkait hal itu, Fadillah menghimbau kepada seluruh pihak agar berperan aktif bersama-sama menjaga kondusivitas, sebab Kukar merupakan kabupaten pertama di Indonesia yang akan melaksanakan Pilkades secara serentak.

“Seluruh rangkaian Pilkades Kukar tahun 2016 harus diselenggarakan dalam suasana kondusif yang diwarnai dengan situasi dan kondisi yang tertib, tentram dan aman. Baik menjelang, selama dan sesudah pelaksanaan Pilkades,” tegasnya.

Namun demikian, sambungnya, tugas pengamanan tidak dapat dilakukan oleh Polri sendiri, melainkan perlu adanya kerja sama yang baik dengan seluruh pihak secara terpadu dan komprehensif, seperti TNI, Linmas dan komponen masyarakat lainnya secara proporsional, profesional dan netral. (HA)

 

 

1 Comment

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password