Menuju PON XIX, Ketua KONI Kaltim Sambangi Atlet Catur dan Bridge

Ketua KONI Kaltim Zuhdi Yahya saat menjajal kemampuan seorang atlet Catur putri Kaltim. (foto:LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Terhitung hari ini sisa 22 hari lagi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX yang akan digelar di Jawa Barat akan bergulir. Rencananya event 4 tahunan tersebut akan dibuka pada 17 September 2016 di Stadion Bandung Lautan Api, Bandung.

Denga semakin dekatnya kegiatan tersebut, Ketua KONI Kaltim Zuhdi Yahya yang menargetkan kontingen Kaltim meraih minimal 5 besar, terus memberikan motivasi kepada setiap cabang olahraga (Cabor)  agar bisa meraih medali terutama Medali Emas dengan mengunjungi mereka saat berlatih.

Hari ini Jum’at (26/8/2016) misalnya, Zuhdi Yahya mendatangi Cabor Catur dan Bridge yang tengah berlatih di Hotel Mesra Internasional. Sebelum memberikan motivasi, Zuhdi sempat menguji mental salah seorang pemain Catur putri dengan mengajaknya bertanding.

“Ini adalah uji mental, jangan melihat siapa yang kamu lawan. Karena mentalmu bisa jatuh bila melihat lawan tandingmu, fokus pada permainan,” ujar Zuhdi memberi masukan saat pertandingan masih berlangsung.

Menurutnya, Atlet Kaltim harus percaya diri karena daerah lain bila berhadapan dengan kontingen Kaltim sudah keder duluan.

“Jangan terbalik, melihat atlet daerah lain sudah keder duluan,” ujarnya.

Selain itu, Zuhdi juga berpesan agar menjaga kekompakan antara pemain, pelatih dan manajer. Begitu juga dengan kesehatan harus dijaga, karena Catur dan Bridge itu olahraga otak. Bukan hanya stamina yang dibutuhkan, tapi juga pemikiran harus tenang.

Berita terkait : PON XIX, Bonus Uang Cash Menanti Peraih Medali Emas

Pada PON XVIII tahun 2012 lalu, Cabor Catur mempersembahkan 2 Medali Emas 5 Perak dan 2 Perunggu. Sehingga menurut Zuhdi, cabor ini menjadi salah satu andalan Kaltim di PON XIX ini.

Sedangkan Cabor Bridge terakhir kali mendapatkan medali pada tahun 1996, namun berdasarkan hasil Pra PON lalu cabor ini menunjukkan hasil yang bagus sehingga diharapkan juga mempersembahkan medali di PON. (LVL)

 

 

2 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password