Meriahnya Pembukaan Erau Adat Kutai 2016

Delegasi Polandia. (foto:Uli)

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Pembukaan Erau Adat Kutai International Folklore And Art Festival (EIFAF) 2016 berlangsung meriah dengan kehadiran 9 negara anggota International Council of Organizations of Folklore Festivals (CIOFF), Minggu (21/8/2016) siang.

Ribuan penonton memadati Stadion Rondong Demang Tenggarong Kutai Kartanegara untuk menyaksikan pesta budaya tahunan ini, bukan hanya di dalam stadion namun meluber hingga keluar.

Masyarakat antusias menyaksikan pembukaan Erau 2016. (foto:Uli)
Masyarakat antusias menyaksikan pembukaan Erau 2016. (foto:Uli)

Kemeriahan pembukaan EIFAF diawali dengan parade marching band dari Tenggarong yang disusul penampilan 9 negara yang ambil. Yaitu Taiwan, USA, Lithuania, Kanada, Polandia, Rumania, Estonia, Bulgaria dan Rusia serta tuan rumah Indonesia yang diwakili Kutai Kartanegara.

Bupati Kukar Rita Widyasari dalam sambutannya mengatakan, ini adalah tahun keempat dilaksanakannya Erau setelah bergabung dengan EIFAF.  Pemerintah dalam pelaksanaan Erau selalu bekerjasama dengan CIOFF, yang bertujuan agar Erau lebih dikenal oleh kancah internasional.

“Sampai saat ini kita mengadakan Erau Adat Kutai di tahun keempat setelah bergabung dengan EIFAF, di mana tamu undangan yang datang luar biasa. Dan hari ini dimeriahkan sembilan negara yang menambah jumlah wisatawan yang ada di Kutai. Ada 218 orang yang hadir dari mancanegara,” ungkap Rita.

Pagelaran EIFAF tahun ini secara resmi dibuka oleh Direktur Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Endang Caturwati.

Acara pembukaan berlanjut dengan menyalakan 7 buah Api Brong (Obor Besar) yang dilakukan oleh Deputi Kemendikbudpar, Gubernur Kaltim, Bupati Kukar, Putra Mahkota Kesultanan Kutai Kartanegara, Kapolda Kaltim, dan Wakil Bupati Kukar.

Usai Api Brong dinyalakan, masyarakat disuguhkan tarian massal oleh sejumlah remaja dan pelajar Tenggrong yang membawakan tarian massal bertema Mendulang Budaya. (Uli)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password