Khidmat, Bupati Kukar Pimpin Peringatan Detik-Detik Proklamasi

Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari pimpin upacara peringatan detik-detik Proklamsi Kemerdekaan Indonesia. (foto:HA)

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Ke 71 Republik Indonesia tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) diperingati dalam sebuah Upacara Parade yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Kukar, Rabu (17/8/2016) pagi.

Upacara yang dipimpin Bupati Kukar Rita Widyasari selaku inspektur upacara (Irup) itu berlangsung tertib dan khidmat. Diikuti oleh ratusan peserta, mulai dari pelajar tingkat SD, SMP dan SMA, Organisasai Masyarakat/Pemuda, Pegawai Negeri Sipil, hingga personel TNI dan Polri.

Turut hadir pada upacara tersebut di antaranya para pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kukar, anggota DPRD Kukar, Putra Mahkota Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura,  Kepala Dinas/instansi dilingkungan pemkab Kukar, tokoh masyarakat, Veteran dan Pimpinan organisasi yang ada di Kukar.

Bendera Merah Putih siap dikibarkan. (foto:HA)
Bendera Merah Putih siap dikibarkan. (foto:HA)

Acara yang dimulai pada Pukul 10:00 WITA itu diawali dengan pembacaan naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Kukar H Salehuddin, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Rita Widyasari.

Usai pembacaan doa, upacara dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kukar yang terdiri dari 40 pelajar SLTA (20 putra, 20 putri) dari 18 Kecamatan se Kukar.

Siswa/siswi anggota Paskibraka tersebut didampingi unsur dari TNI yang berasal dari anggota Artileri Medan (Armed) dan anggota Polres Kukar.

Sedangkan yang bertugas sebagai Komandan Upacara yaitu AKP Sebastian Saragih yang merupakan Kasat Polair Polres Kukar. Sementara, Komandan Pasukan Pengibar (Danpas) adalah Iptu I Made Suryadinata yang menjabat Kanit Reskrim Polsek Samboja Kukar.

Petugas pembawa baki yang mengambil bendera pusaka langsung dari tangan Irup Bupati Rita Widyasari adalah Jihan Laily Salsabila siswi SMAN 1 Muara Muntai.

Adapun yang bertugas membentangkan atau mengibarkan bendera yaitu dua siswa SMK Utama Al Jabal Nur Samboja yaitu M Yoga Nanda dan M Yogi Nanda yang merupakan saudara kembar, serta Arbianto Museka Putra dari SMAN 1 Tenggarong.

Pelaksanaan pengibaran bendera itu berjalan lancar, hal itu tak lepas dari latihan intensif yang dilakukan selama kurang lebih sebulan.

Kemudian pada penurunan Sang Merah Putih bertindak selaku Danpas Letda Arm Ahmad Tito S dari Rai Armed Jembayan, pembentang atau yang mengibarkan bendera adalah Abdul Muhtar santri MA PPKP Ribathul Khail Tenggarong, Muhammad Lufianto siswa SMKN 1 Tenggarong dan Rizko B Fathur Rachman dari SMAN 2 Tenggarong. Sedangkan petugas pembawa baki adalah Amanda Rosalinda Sahari siswi SMAN 1 Loa Kulu. (HA)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password