Tiap Orang Habiskan Rp30 Juta, Kepala LAN Lepas Peserta Diklatpim II

Gubernur Kaltim bersama Kepala LAN RI (3 kanan) dan Kepala LAN Samarinda (4 kiri) bersama 5 orang peserta terbaik Diklatpim II. (foto:LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : 57 peserta Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan Tingkat II angkatan LXII Kelas G dilepas Kepala LAN RI Adi Suryanto di Ruang Ruhuy Rahayu Kantor Gubernur Kalimantan Timur, Minggu (14/8/2016).

Disaksikan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Kaltim seperti Asisten IV Meiliana yang juga mantan Kepala PKP2A III LAN Samarinda dan Kepala Dinas Pariwisata M Aswin.

Adi menyampaikan, Diklat Kepemimpinan ini diselenggarakan kurang lebih 97 hari mulai tanggal 21 April sampai 14 Agustus 2016. Dengan rincian 27 hari dilaksanakan di Kampus PKP2A III LAN Samarinda dan sisanya dilaksanakan di masing-masing instansi asal peserta.

Peserta Diklatpim menyempatkan diri berfoto bersama Gubernur Kaltim usai pelepasan. (foto:LVL)
Peserta Diklatpim II menyempatkan diri berfoto bersama Gubernur Kaltim usai pelepasan. (foto:LVL)

Peserta Diklat Kepemimpinan ini totalnya ada 60 orang yang merupakan pejabat eselon II maupun III. Adapun instansi asal peserta, dari Kementerian 9 orang, dari Pemerintah Provinsi di Kalimantan Timur sebanyak 6 orang dan dari Kabupaten/Kota di Kalimantan sebanyak 45 orang.

Dari 60 peserta tersebut, lanjut Adi, 57 orang dinyatakan lulus sedangkan 3 orang lainnya tertunda kelulusannya. Dari 57 peserta itu ada 5 orang dinyatakan sebagai peserta terbaik.

“Tujuan dari penyelenggaraan Diklat ini adalah meningkatkan kompetensi kepemimpinan strategis yang salah satunya diukur melalui pengelolaan perubahan atau inovasi,” sebut Adi.

Menanggapi pelepasan peserta Diklat Kepemimpinan tersebut, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak berharap mereka yang telah lulus dapat kembali ke Satuan Kerjanya masing-masing melakukan perubahan-perubahan.

“Saya berharap mereka kembali ke Satuan Kerjanya masing-masing untuk melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik, terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Awang.

Setelah pelepasan ini, menurut Kepala LAN Samarinda Mariman Darto, dalam enam bulan ke depan akan diadakan evaluasi terhadap hasil-hasil yang telah dicapai para peserta.

“Di awal Januari akan kita evaluasi seluruhnya untuk melihat sejauh mana nilai tambah, sejauh mana masyarakat menikmati hasil,” katanya.

Evaluasi itu, menurut Mariman penting dilakukan, mengingat anggaran yang digunakan setiap peserta  dalam mengikuti Diklat sekitar Rp30 Juta yang bersumber dari rakyat, dan ini harus dipertanggungjawabkan hasilnya. (LVL)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password