LBAK Gelar Halal Bihalal dengan Sultan HAM Salehoeddin II

Presiden LBAK Kaltim Adji Ismet Hakim saat menyerahkan naskah pernyataan sikap kepada Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAM Salehoeddin II. (foto:HA)

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Guna mempererat silaturahmi dan persaudaraan, Lembaga Adat dan Budaya Kutai (LBAK) Kaltim  menggelar halal bi halal dengan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAM Salehoeddin II, Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak, dan Foroum Koordinasi Pimpinan Daerah Kukar (Forkopimda), Sabtu (6/8/2016) di Kedaton Kesultanan, Tenggarong.

Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut, dengan harapan menjadi semangat baru dalam membangun kebersamaan untuk membangun, mengembangkan dan melestarikan budaya dan adat Kutai yang bersinergi dengan pembangunan di Kukar dan Kaltim.

“Pemkab berharap, LBAK menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan dan pelestarian adat budaya, pengetahuan, seni, lingkungan, dan pendidikan yang berbasis kearifan lokal,” ujarnya.

Sultan HAM Salehoeddin II, melalui Menteri Sekretaris Keraton HAPM Gondo Prawiro berterima kasih atas terlaksananya kegiatan tersebut. Sultan berharap, orang Kutai selalu dan terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia, sehingga dapat berperan aktif dan menjadi pelopor pembangunan bersama dengan warga lainnya.

“Saya mengajak urang Kutai dimanapun berada untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam NKRI, dan ikut bersama Pemerintah  memberantas korupsi, narkoba dan terorisme. Pererat silaturahmi dan pertahankan nilai-nilai adat dan budaya untuk kejayaan bangsa,” demikian pesannya.

Sedangkan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak juga berharap LBAK memainkan peran untuk menjaga dan mempertahankan budaya dan adat Kutai, serta terus berupaya meningkatkan persatuan dan kesatuan.

Awang juga mengajak LBAK dan seluruh warga Kukar dan Kaltim umumnya untuk bersama meningkatkan partisipasi dalam pembangunan untuk mewujudkan cita-cita menuju masyarakat kaltim yang maju, sejahtera, adil, makmur dan sejahtera.

“Jaga dan pelihara situasi Kaltim yang aman dan kondusif ini, jalin kekompakan dengan etnis lainnya, jauhkan diri dari hasutan yang dapat memecah persatuan yang sudah terjalin baik,” ujarnya.

Sementara Presiden LBAK Kaltim Adji Ismet Hakim mengatakan, LBAK akan berperan dalam membangun masyarakat adil makmur dan sejahtera, serta bersama -sama dengan masyarakat lainnya ikut menjaga Kaltim agar tetap aman dan tentram.

“LBAK menjadi lokomotif pembangunan di daerahnya dan berperan sebagai tuan rumah di negeri sendiri, dan tetap menjunjung azaz berdiri sama tinggi duduk sama rendah bersama warga Kaltim lainnya,” demikian ujarnya.

Halal bi halal itu juga diisi dengan tausiyah oleh DR KH Mashudi Syuhud dari PBNU Pusat, Jakarta.

Acara yang dihadiri tokoh masyarakat Kaltim tersebut, juga dihibur dengan tari-tarian Kesultanan Kutai, dan Tari Jepen Kutai diiringi musik Tingkilan, kegiatan tersebut diakhiri dengan makan bersama. (HA)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password