Aplikasi “ikaltim” Mulai Diperkenalkan, Awang : Tidak Usah Main Pokemon Go

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak. (foto:Ahmad)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Aplikasi digital library atau perpustakaan digital “ikaltim” mulai diperkenalkan ke semua lapisan masyarakat di Indonesia dan mancanegara.

“Saya perkenalkan ikaltim yang merupakan bagian dari cyber Kaltim. Mudah-mudahan ikaltim ini dapat mencerdaskan rakyat Kaltim,” kata Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak pada Gerakan Peduli Masyarakat Miskin/Dhuafa di Kaltim, Minggu (31/7/2016) di Convention Hall Samarinda.

Menurut Awang, saat ini sudah memasuki era digitalisasi yang banyak memanfaatkan teknologi untuk memperoleh informasi dan pengetahuan. Sehingga, Pemprov Kaltim berupaya mengembangkan aplikasi digital library atau perpustakaan digital “iKaltim” agar dapat membantu masyarakat Kaltim mengakses informasi dengan mudah dan cepat.

“Informasi teknologi sekarang ini sudah semakin maju. Mari kita manfaatkan kehadiran informasi teknologi dengan aplikasi ikaltim untuk meningkatkan kualitas masyarakat. Saya ingatkan kepada anak-anak muda untuk tidak usah main pokemon go. Mari ganti dengan membiasakan diri membaca,” seru Awang.

Sementara itu, Pimpinan PT Woolu Aksara, Maya Sulasmo Sudarmo yang merupakan pengembang dari aplikasi ikaltim menjelaskan bahwa aplikasi digital library ikaltim sudah jauh-jauh hari diinginkan oleh Gubernur Awang Faroek.

Aplikasi ini dapat diakses melalui smartphone maupun internet yang dapat di akses oleh seluruh lapisan masyarakat di seluruh Kaltim, bahkan di 132 negara.

“Aplikasi ikaltim adalah aplikasi perpustakaan digital yang dapat dibaca secara gratis. Sudah ada ribuan buku yang dapat dibaca secara gratis melalui handphone dengan mendownload aplikasinya di playstore,” katanya.

Sulasmo menyebutkan, ribuan buku yang terdapat di aplikasi “ikaltim” merupakan sumbangan dari perpustakaan Gubernur Kaltim, Wakil Gubernur Kaltim, Sekda prov Kaltim, Gramedia, Indosat, Kadin Kaltim dan Badan Perpustakaan Kaltim.

“Ribuan buku tersebut semuanya bisa dibaca pada aplikasi “ikaltim” secara gratis. Bahkan, yang paling menarik dari aplikasi ini adalah bagi yang senang baca dan menulis karena aplikasi ini menjadi media yang sangat baik untuk menerbitkan buku untuk dibaca di seluruh Kaltim, Indonesa bahkan mancanegara. silahkan tulis dan publikasikan di ikaltim. Mudah-mudahan aplikasi ini memberikan manfaat bagi masyarakat Kaltim,” katanya. (rus)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password