Jelang HUT RI, Pedagang Pernak Pernik kemerdekaan Bermunculan

Pernak pernik kemerdekaan di pinggir jalan Malinau. (foto:Fen)

DETAKKaltim.Com, MALINAU : Mendekati peringatan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71 pada tanggal 17 Agustus 2016, kini bermunculan pernak pernik kemerdekaan di sisi-sisi jalan di wilayah Desa Pelita Kanaan Malinau Kalimantan Utara. , Senin (1/8/2016).

Dari pantauan Wartawan DETAKKaltim.Com Senin (1/8/2016), bermunculannya pernak pernik seperti umbul-umbul, bendera ukuran kecil dan gambar Burung Garuda mendapat respon dari masyarakat pengguna jalan.

Menurut Risma, salah seorang pedagang pernak pernik tersebut, pembeli biasanya berasal dari kalangan masyarakat umum, namun yang lebih banyak dari kalangan instansi pemerintah.

Pernak pernik kemerdekaan di Malinau mulai ramai.
Pernak pernik dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan RI ke 71 pada 17 Agustus 2016 di Malinau mulai ramai ditawarkan. (foto:Fen)

“Pegawai membeli biasanya langsung melekatkan atau memasang di kendaraannya,” ungkap Risma.

Warga asal Garut ini menjual dagangannya di pinggiran Jalan Desa Pelita yang berdekatan dengan Rumah Makan Padang, sebelumnya berjualan kain. Menurutnya, harga pernak pernik kemerdekaan itu bervariasi.

”Bendera yang kecil ini harga R10 ribuan per bendera, biasanya ini digunakan untuk kendaraan roda dua yang diikat pada spionnya. Sedangkan yang besar biasanya digunakan di halaman rumah, harganya beda dengan yang kecil. Kalau umbul-umbul itu ada yang Rp50 ribuan,” tuturnya.

Dijelaskannya lagi, dagangan ini dicari warga hanya di saat mendekati hari 17 Agustusan, jadi sifatnya hanya sementara. Di luar Agustusan, setiap harinya ia berjualan baju dengan mendatangi rumah-rumah warga untuk menawarkan jualannya.

”Kalau hari lain itu jualan baju dan celana, mendatangi rumah warga. Kebetulan ini bulan Agustus, jualan bendera dan lainnya sebagai simbol hari kemerdekaan,” jelasnya.

Sementara pedagang pernak pernik ini dapat ditemui di beberapa tempat, seperti di pinggiran jalan raya areal SMA Katolik, samping Warung Padang Pelita, daerah kawasan bandara dan Seluing Malinau Kota, sebagai tempat yang dianggap pedagang sangat strategis untuk menjajakan pernak perniknya kemerdekaan .(fen)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password