Sidang Lanjutan M Rifki, Palsukan Status Bisa Nikahi 7 Wanita

Ayu Utami (kiri) dan Nuraini saat diwawancarai awak media. (foto:MS44)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sidang lanjutan atas kasus pemalsuan identitas diri serta pemalsuan buku nikah, yang mendudukkan tersangka  M Rifki (37) di Pengadilan Negeri Samarinda Jalan M Yamin Samarinda Kalimantan Timur digelar Kamis (28/7/2016) sore.

Sidang kali ini adalah tahapan eksepsi (pembelaan), karena sidang sebelumnya dakwaan jadi sekarang haknya dari tersangka dan penasehat hukum untuk eksepsi.

Jaksa Penuntut Umum Agus Priyanto atas kasus M Rifki saat dijumpai Wartawan DETAKKaltim.Com di ruangan jaksa menerangkan, kasus M Rifki adalah melakukan perkawinan berulang kali, artinya sudah punya istri menikah lagi.  Namun tersangka mengakunya dengan status bujangan atau belum pernah menikah.

“M Rifki yang melakukan pernikahan berulang kali namun dengan modus status dipalsukan, artinya sebelum menikah bilangnya statusnya bujang,” terang Agus Priyanto.

M Rifki telah menikah sebanyak 7 kali. Berikut nama-nama istrinya yang berhasil dihimpun awak DETAKKaltim.Com.

1.Verawati menikah di Palu, 2. Asriyanti menikah di Papua dan memiliki dua anak, 3. Wiwin adalah istri dari adik kandung M Rifki yang dijadikan istri dan memiliki satu anak menikah di Pontianak, 4. Erna menikah di Samarinda, 5. Hj Rosmawati menikah di Kota Baru Kalimantan selatan, 6. Nuraini menikah di Palu, 7 Ayu Utami menikah di Samarinda memiliki satu anak.

Dalam sidang lanjutan, Ayu Utami istri Ketujuh hadir bersama Nuraini istri Keenam, namun keduanya tidak mengikuti jalannya sidang berlangsung lantaran keduanya enggan mau ketemu lagi dengan tersangka.

“Saya tidak ikuti sidangnya mas, saya sudah males liat  wajahnya. Jadi hari ini saya cuma memastikan aja kalau ada nama dia di daftar sidang kali ini,” ungkap Ayu Utami.

Ayu Utami juga menambahkan kalau dirinya datang ke sini juga menyampaikan kalau ada lagi buku nikah yang palsu yang dilakukan oleh M Rifki, serta membenarkan “bahwa Suaminya sudah membawa kabur mobil dan motornya. Saya hanya mau menanyakan ke mana dia gadai motor dan mobil miliknya, tambah Ayu

Dari penuturan dua istrinya, secara materi M Rifki sendiri tidak memiliki apa-apa, hanya bermodal wajah gagah dan tubuh kekar dia bisa memiliki tujuh istri, dan berhasil menguras harta istri-istrinya.

Karena masa penahanan ada batas waktunya, sidang atas nama tersangka M Rifki akan dipercepat seminggu dua kali sidang.

Berita terkait : Dua dari Tujuh Istri Lapor Polisi, Don Juan Itupun Hidup di Bui

Agenda hari ini hanya pembacaan eksepsi, kemudian nanti dilanjutkan tanggapan eksepsi. Kalau memang nanti ekpsesi ditolak maka dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi-saksi, pemeriksaan terdakwa dan tuntutan.

Jaksa Penuntun Umum Agus Priyanto menambahkan, kalau memang terbukti M Rifki melakukan pernikahan lagi, maka dia terancam dengan hukuman tujuh tahun penjara. (MS44)

 

 

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password