Pra Musrenbang RT, Warga Antusias Ajukan usulan

Rapat Pra Musrenbandes. (foto:Fen)

DETAKKaltim.Com, MALINAU : Antusias warga RT 14 Desa Tanjung Lapang Kecamatan Malinau Barat dalam pelaksanaan Pra Musrenbang, yang dilaksanakan dikediaman Ketua RT 14, Selasa (19/7/2016) Pukul 2:00 WITA;

Masukan yang menjadi proritas utama dalam pembahasan usulan tingkat pendanaan RT, program Gerdema tingkat pendanaan pemerintah desa maupun lintas sektoral, seperti  Sumber Daya Manusia, Ekonomi Kerakyatan, Infrasturktur dan Pemerintahan dalam jangka pendek dan menengah.

Pra Musrenbang tingkat RT ini tidak hanya dihadiri oleh warga setempat tetapi beberapa dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Malinau. Mereka memberikan panduan terhadap usulan yang akan diajukan oleh masyarakat yang benar-benar tepat sasaran dan mempunyai nilai utamanya terhadap kegiatan RT Bersih setempat.

Sebagaimana konsep dari RT Bersih adalah rapi, tertib, bersih, sehat dan harmonis. Kegiatan yang di canangkan mengarah pada artian RT Bersih, karena indikator yang terdapat dari program ini mempunyai uraian seperti sehat bersih. Pelaksanaan dana Rp200 juta per RT salah satunya adalah pengelolaan yang selama ini tidak terjangkau oleh desa terhadap warga yang berada di lingkungan RT.

“Kalau ada usulan yang sifatnya melebihi dari dana RT ini bisa dilakukan usulan kepada tingkat Gerdema atau desa, dan jika tidak  bisa ter-cover oleh desa dapat dilakukan pada tingkat sektoral. Untuk itu dalam form yang terdapat dalam lembaran usulan terbagi tiga, yang pertama adalah usulan tingkat RT, kedua tingkat desa atau Gerdema dan ketiga lintas sektoral,” papar Dani Subroto dari Bappeda.

Menurutnya, program RT Bersih dapat melibatkan seluruh masyarakat dengan dinamika yang ada di RT, dapat terlihat berjalan sepanjang tahun dan dapat dirasakan oleh warga. Komposisi dana RT terbagi 4 lingkup, bidang pemerintahan sebesar 10 persen, infrastruktur 20 persen, SDM 35 persen dan ekonomi kerakyaan 35 persen dengan total 100 persen.  .

Sementara Ketua RT 14 Mesak Welong  Tanjung Lapang menegaskan, agar warga yang mengajukan usulan dapat memilah dan menyesuaikan dana RT yang dapat bermanfaat dan prioritas. Sedangkan yang membutuhkan dana yang lebih besar dapat memasukannya sebagai usulan desa atau tingkat sektoral. (fen)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password