Kadisdikpora Malinau : Orang Tua Harus Berperan Aktif Menjaga Putra Putrinya

Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Malinau Esly Parir (duduk tengah). (foto:Fen)

DETAKKaltim.Com, MALINAU : Hari pertama masuk sekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Malinau Tanjung Belimbing, puluhan orang tua murid dan wali murid yang berkumpul dalam aula sekolah, utamanya terhadap siswa siswi yang baru untuk mendapatkan masukan dari pihak sekolah, terkait tata tertib maupun kegiatan mengajar di sekolah ini, Senin (18/7/2016).

Dalam paparan dan masukan dari sekolah dan komite sekolah yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Malinau Esly Parir, yang juga turut memberikan masukan bagi orang tua dan wali siswa agar selalu memperhatikan dan menjaga anak-anaknya dari pergaulan yang negatif.

“Orang tua harus turut aktif menjaga anaknya dari pergaulan, guna meminimalisir terjadinya pergaulan yang dapat menjerumuskan pelajar, di mana belakangan ini maraknya terjadi hal yang negatif seperti narkoba, miras dan pergaulan bebas. Untuk itu orang tua harus peduli dan mendorong pelajar sebagai generasi bangsa yang dapat membanggakan daerah,” tutur Esly.

Berdasarkan himbauan Kementerian Pendidikan RI tahun tahun ajaran 2016-2017 di hari pertama sekolah agar orang tua mendampingi putra-putrinya ke sekolah, dalam pelaksanaannya juga mendapat himbauan dari Kepala Disdikpora Malinau utamanya kepada orang tua siswa, untuk selalu bersama-sama berperan aktif dalam menjaga dan mengawasi aktivitas, maupun pergaulan putra putrinya baik di kalangan sekolah maupun di rumah.

Diakuinya bahwa peredaran Narkoba tidak mengenal tingkatan, sehingga pihak sekolah dan orang tua wali siswa siswi dapat menjalin kerja sama yang baik, teliti, dan jeli dalam menjaga aktivitas serta pergaualan putra putrinya. Karena jika hal ini tidak diperhatikan sejak dini maka tidak menutup kemungkinan akan terjadinya hal yang sangat merugikan.

Kepala SMAN 1 Malinau Kota Francis menyampaikan, dihari pertama sekolah pihaknya memberikan gambaran profil sekolah, kegiatan-kegiatan, serta pengenalan guru pengajar. Ia berharapan siswa dapat memberikan prestasi sebagaimana yang pernah diraih sekolah untuk terus ditingkatkan, karena ini akan menambah nilai bagi sekolah yang dipimpinnya atas capaian prestasi.

Selain itu, tata tertib yang ada di sekolah sebagai mana gambaran umumnya harus dipatuhi siswa, di mana hal ini mempunyai tujuan yang nantinya dapat memberikan dan membentuk karakter bagi siswa dalam menaati dan menteladankan kepada yang lain seperti adik kelas maupun setelah lulus dari sekolah.

Berita terkait : Penerimaan Siswa Baru, SMAN 1 Malinau Kota Dapat Kuota 32 Setiap Kelas

“Semua sekolah mempunyai tata tertib, untuk hari ini selama tiga hari adalah salah satu kegiatan sekolah masih dalam pengenalan dan melakukan kebersihan serta kegiatan lainnya, dan setelah itu mulai aktif untuk belajar. Seperti pembagian kelas bagi kelas ini dilakukan di awal masuk sekolah yang juga mempunyai proses,” jelas Francis.

Pembentukan mental dan kepribadian sesuai yang diharapkan, utamanya tidak melanggar norma-norma hukum, serta fasilitas yang harus dipelihara.

“Pembentukan mental dan keperibadian ini juga perlu, dan selebihnya itu adalah tanggung jawab keluarga, yang lebih penting pelajar itu tidak terlibat terhadap hal-hal kegiatan negatif,” tandasnya.  (fen)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password