Shalat Ied Perdana di Masjid Sofiatul Amin, Rektor Unmul Jadi Khotib

Jama'ah Shalat Idul Fitri di Masjid Sofiatul Amin Samarinda. (foto:LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1437 Hijriyah di Masjid Sofiatul Amin di Kompleks GOR Segiri Samarinda berlangsung aman dan lancar, Rabu (6/7/2016).

Ribuan jama’ah memadati pelataran dan masjid yang baru pertama kali ditempati melaksanakan Shalat Idul Fitri  tersebut.

Menariknya, Rektor Universitas Mulawarman Profesor Masjaya yang didaulat menjadi khotib tidak menunjukkan kesan canggung dalam menyampaikan ceramahnya, meski ini juga merupakan pengalaman pertamanya.

Berbagai nasehat agama sebagai pencerahan disampaikan Sang Profesor dalam ceramahnya. Menurutnya, pada hakikatnya ibadah Puasa mendidik manusia untuk mengendalikan diri dan mengatur diri, mendidik kejujuran, menguasai ilmu pengatahuan dan teknologi, mendidik kesetaraan, Kedisiplinan, dan Puasa juga mendidik kesabaran.

“Bulan Ramadhan ibarat sebuah Perguruan Tinggi, tempat kita dididik, dilatih dan ditempa dengan berbagai ilmu dan amalan agar nantinya kita lulus menjadi alumni Bulan Ramadhan yang bermamfaat bagi masyarakat, bangsa dan Negara,” ujar Masjaya.

Dengan niat yang tulus dan mengharap ridho Allah Swt, lanjutnya, Ibadah di Bulan Ramadhan yang tidak selalu berjalan mulus akibat berbagai godaan dan kesibukan karena pekerjaan, dia yakin akan menjadikan alumni Bulan Ramadhan yang lulus sesuai dengan usaha masing-masing.

Masjaya berharap, semoga semua alumni Bulan Ramadhan bisa lulus dengan nilai mendapat pujian. (LVL)

 

 

 

 

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password