Pembajakan TB Charles, Danlanal Balikpapan Berikan Keterangan ke Media

Komandan Lanal Balikpapan Letkol Laut (P) Irwan SP Siagian saat menyambut kedatangan TB Charles di Balikpapan. (foto:Lanalbalikpapan.com)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Tiga hari pasca kedatangan TB Charles di Balikpapan Sabtu (25/6/2016) usai mengalami pembajakan yang berujung penyanderaan terhadap 7 orang crew-nya di perairan Philipina pada Senin (20/6/2016), Komandan Lanal Balikpapan Letkol Laut (P) Irwan SP Siagian memberikan keterangan kepada media.

Dijelaskan, sampai dengan pagi Senin (27/6/2016) betul adanya pembajakan setelah pendalaman yang dilaksanakan oleh Lanal Balikpapan. Dugaan TB Charles yang dibajak sudah dilaksanakan oleh Tim Lanal, Guskamlaarmatim, Penyidik Lant XIII.

“Kami sudah bekerja keras secara maraton, kembali kepada pengambil keputusan oleh atasan kita apa yang menjadi tujuan pendalaman,” ujarnya, Senin (27/6/2016) Pukul 13:00 WITA di Ruang Yos Sudarso Mako Lanal Balikpapan Jalan Yos Sudarso Balikpapan.

Hasil pendalaman terhadap 6 orang crew yang tiba di Balikpapan diperoleh informasi, jika pembajakan terjadi saat TB Charles yang menggandeng TK Robby 152 kembali dari Philipina dengan tidak melalui jalur saat kedatangannya.

“Pada saat kembali ke Samarinda mereka tidak mengambil rute seperti keberangkatan, sehingga pada TB Charles terjadi seperti TB Brahma dan TB Henry sebelumnya,” ungkap Danlanal.

Alasan Nahkoda merubah rute tidak disampaikan kepada crewnya, mungkin dikarenakan jalurnya lebih dekat.

“Kita tidak bisa menggali lebih dikarenakan Nahkoda tidak ada di sini, dan tidak tertuang jelas di dalam surat pernyataan (perusahaan siap menanggung resiko). Fokus utama kami sudah barang tentu jiwa adalah yang utama, mengenai di mana posisi Tongkang Robby sampai sekarang tidak tahu di mana,” imbuhnya.

Dibebaskannya sejumlah crew TB Charles menyisakan pertanyaan bagi Lanal Balikpapan. Alasan kenapa ada yang dibebaskan/dipulangkan dan tidak menyita kapal, menurutnya, merupakan modus baru yang hampir tidak pernah terjadi.

Berita terkait : TB Charles Tiba Membawa 6 ABK, 7 Lainnya Diculik Dalam 2 Tahap

Hasil pendalaman terhadap 6 orang crew yang tiba di Balikpapan sejak Sabtu, disampaikan Komandan Lanal sudah dikirim resminya ke Komando atas, hari ini sedang digodok di tingkat atas.

“Hari ini kita kirimkan laporan rangkuman ke Komando atas, nanti pasti ada keputusan yang akan diambil dan penyampaian kepada rekan-rekan,” tandasnya. (LVL)

 

 

 

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password