Kesaksian Mualim II TB Charles Saat Pembajakan

Andi Wahyu menceritakan kesaksiannya. (foto:Jalil)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Andi Wahyu (24), jabatan Mualim II di TB Charles yang selamat dari aksi pembajakan yang disertai penyanderaan bersama 5 rekannya yang lain, memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan di Ruang Yos Sudarso Mako Lanal Balikpapan sesuai dengan permintaan dari rekan-rekan media, Senin (27/6/2016) Pukul 13.35 WITA.

Berikut penuturannya ;

Pada saat kejadian saya sedang melakukan jaga, selanjutnya melihat 2 perahu dari arah Pulau Jolo. Saya mengira itu perahu ikan, jadi saya tidak beranggapan itu perompak. Saya melihat perahu itu menuju pemukiman karena di pulau tersebut ada pemukiman, kemudian perahu itu mengelilingi, selanjutnya membagi dua di belakang tongkang saya.

Di sebelah lambung kanan dan kiri mereka naik ke atas kapal, setelah berhasil naik kapal langsung menodongkan senjata ke anjungan dan menyuruh kita turun ke buritan kapal dalam sikap menyerah. Setelah itu dia naik di atas kapal. 1 orang di buritan menodongkan senjata, yang lain naik ke anjungan dan ruangan-ruangan kapal, kamar-kamar officer, menjarah. Di anjungan menjarah alat-alat navigasi.

Setelah itu kami dibawa dan dipilih untuk mencari masinis kapal, “mana masinisnya?” selanjutnya angkat tanganlah si Ebi, tapi sebenarnya yang dia cari KKM. Selanjutnya Ebi diikat pakai tali, selanjutnya dia ditanya “apa kamu masinis?” dijawab “Saya second enginering”.

Masih mencari, “Masinis, mana Masinis?” karena yang bertanya itu bisa berbahasa Melayu, selanjutnya mereka mengambil crew 3 orang, Master, KKM, dan Masinis II.

Selanjutnya kami memutuskan menjauh dari pulau/daratan tersebut, tidak lama kemudian datang lagi perompak kedua pakai celana loreng pakai anti peluru, ada yang memakai rompi, ada yang menutupi mukanya dan ada yang tidak, selanjutnya mengarah ke kapal kita.

Kapal dalam kendali Chip Officer, akhirnya tali kami lepaskan, bukan memutuskan Tali Tongkang untuk lebih cepat. Selanjutnya kami melaju lebih cepat akan tetapi kami didapat lagi. Selanjutnya naik ke kapal dan 
saya yakin ini beda kelompok, antara kelompok pertama dan kedua beda 15 menit, memakai speed boat.

Berita terkait : TB Charles Tiba Membawa 6 ABK, 7 Lainnya Diculik Dalam 2 Tahap

Dia memilih crew kapal karena mencari Master, sempat ada yang berkata “Siapa yang mendahului kita?”, makanya dicari yang tersisa, tapi ada teman saya bilang sudah second Ebi sudah diambil perompak pertama, akhirnya diambil 4 teman saya.

Saya lewat jalur tersebut karena keputusan Nahkoda.

Kepada pemerintah mohon agar teman-teman saya agar segera bisa kembali dan dibebaskan untuk bertemu Keluarga. (***/LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password