Jelang Idul Fitri, Harga Bawang Merah Naik Sementara Ayam Turun

Bustani.

DETAKKaltim.com, TENGGARONG : Pertengahan Ramadan, harga beberapa kebutuhan pokok dan hasil pertanian di Pasar Mangkurawang, Tenggarong Kutai Kartanegara Kalimantan Timur mulai merangkak naik, salah satunya terjadi pada Bawang Merah.

Dari hasil pengamatan harga rata-rata beberapa bahan kebutuhan pokok di Tenggarong oleh Dinas Perindustrian Dagang dan Koperasi (Disperindagkop) Kukar, yang dilaksanakan setiap hari Senin, harga Bawang Merah saat ini menjadi Rp35 ribu per kilogram. Padahal, pekan pertama Ramadan lalu, harga Bawang Merah berkisar Rp30 ribu per kilogram.

Kepala Disperindagkop Kukar H Azmidi melalui Kepala Bidang Perdagangan M Bustani mengakatakan, kenaikan harga itu disebabkan karena permintaan akan Bawang Merah meningkat cukup tajam selama Ramdan dan menjelang hari raya Idul Fitri.

“Seperti biasa, dalam mekanisme pasar apabila permintaan meningkat maka harga barang yang bersangkutan akan naik,” ujar Bustani, Kamis (23/6/2016).

Bustani berharap harga Bawang Merah tetap stabil dan tidak terjadi kenaikan lagi jelang hari raya Idul Fitri mendatang.

“Kami imbau masyarakat berbelanja normal saja jangan memborong suatu komoditi. Kepada pedagang, jangan memanfaatkan situasi dan jual dagangan dengan harga normal,” imbaunya.

Sementara untuk harga Ayam Broiler, menurut Bustani malah mengalami penurunan, yaitu dari Rp35 per kilogram, saat ini menjadi Rp32 per kilogram.

Bustani menambahkan, pihaknya rutin melakukan pengamatan harga rata-rata beberapa bahan kebutuhan pokok, tiap semingu sekali tiap hari Senin di Pasar Mangkurawang. (HA)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password