Sebelum Lebaran, Perumahan Eks Tanjong Dihuni

Dalam waktu dekat rumah untuk warga eks Tanjong Tenggarong segera ditempati. (foto : Uli)

DETAKKaltim.Com Tenggarong  :  Warga eks penghuni kawasan Tanjong bisa bernafas lega saat ini, pasalnya Rumah Huni Tanjong sudah dapat didiami setelah selesai verifikasi data dalam waktu dekat.

Kabid Perumahan dan Pemukimkan Rosita mengatakan, Warga eks Tanjong bisa segera menempati rumah sewa yang telah disiapkan Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar), di Kelurahan Mangkurawang, Tenggarong.

“Rumah Eks Tanjong sudah selesai dan sekarang sudah siap huni,” ungkap Rosita, Selasa (14/6/2016).

Pembangunan rumah sewa sebanyak 220 unit   dibangun di atas tanah Pemkab Kukar. Luas bangunannya 36 meter persegi.

Rumah ini hanya disewakan kepada penduduk asli Eks Tanjong yang hingga sampai saat ini tidak memiliki rumah, atau kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Lebih lanjut dijelaskannya, penghitungan tarif sewa rumah eks Tanjung Rp500 ribu per bulan.

Perumahan Eks Tanjong diharapkan dapat membantu masyarakat dengan tarif sewa yang semurah-murahnya.

Rosita juga menjelaskan, untuk pengumpulan berkas mendaftar rumah huni sudah ditutup sejak 16 Mei 2016 lalu dan hingga kini terdapat 105 yang telah mendaftar.

“Sudah ada 105 yang mendaftar. Nanti kita akan verifikasi kelengkapan data guna menghindari kecurangan, agar warga Tanjong semuanya dapat menghuni yang belum memiliki rumah,”jelasnya.

Dari 220 unit rumah tersebut, kemungkinan akan dihuni hanya 100. Karena baru 105 yang mendaftar, dan rencananya akan disewakan kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah yang tidak memiliki tempat tinggal,

”Kita masih akan usulkan insya Allah ke depanya sisa rumah yang belum dihuni akan kita sewakan ke rakyat berpenghasilan rendah, tapi masih pengajuan semoga bisa,” imbuh Rosita.

Hingga kini, tim masih melakukan verifikasi data yang telah masuk, setelah selesai verifikasi rumah huni Tanjong siap ditempati.

“Kemungkinan dua minggu lagi tim sudah selesai, diusahakan sebelum lebaran warga sudah bisa pindah,” tandasnya. (Uli)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password