Bulan Ramadhan, Harga Gula di Tenggarong Naik Drastis

Bustani.(foto:Uli)

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Memasuki Bulan Ramadhan, harga beberapa kebutuhan pokok dan hasil pertanian di Pasar Mangkurawang, Tenggarong Kutai Kartanegara Kalimantan Timur mulai naik. Kenaikan yang paling dominan terjadi pada Gula Pasir putih.

Dari hasil pengamatan harga-harga rata-rata beberapa bahan kebutuhan pokok di Tenggarong oleh Dinas Perindustrian Dagang dan Koperasi (Disperindagkop) Kukar yang dilaksanakan setiap hari Senin, harga Gula Pasir putih saat ini melambung menjadi Rp16 ribu per kilogram. Padahal, sebulan lalu harga Gula Pasir putih masih berkisar Rp13 ribu per kilogram.

Kepala Disperindagkop Kukar H Azmidi melalui Kepala Bidang Perdagangan M Bustani mengakatakan, kenaikan harga itu disebabkan karena permintaan akan gula meningkat cukup tajam memasuki Ramadhan. Padahal, menurutnya pasokan gula ke Kukar berjalan normal.

“Seperti biasa, dalam mekanisme pasar apabila permintaan meningkat maka harga barang yang bersangkutan akan naik,” ujar Bustani, Kamis (9/6/2016).

Bustani berharap harga gula bisa kembali stabil dan tidak terjadi kenaikan lagi jelang hari raya Idul Fitri mendatang.

“Kami imbau masyarakat berbelanja normal saja jangan memborong suatu komoditi. Kepada pedagang, jangan memanfaatkan situasi dan jual dagangan dengan harga normal,” imbaunya.

Baca juga : Ikan Pasar Mangkurawang Aman Dikonsumsi

Sementara untuk harga Daging Sapi tidak mengalami perubahan. Bustani mengatakan harga daging nomor 1 atau kualitas terbaik masih berkisar Rp130 ribu per kilogram.

Bustani menambahkan, pihaknya rutin melakukan pengamatan harga rata-rata beberapa bahan kebutuhan pokok, tiap semingu sekali tiap hari Senin di Pasar Mangkurawang. (HA)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password