Vote, Erau Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2016

Ngulur Naga salah satu ritual adat yang menarik dan unik pada saat pelaksanaan Erau di Tenggarong, Kukar. (foto:HA)

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Festival seni dan budaya Erau Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur masuk nominasi dalam Anugerah Pesona Indonesia 2016 pada ketagori festival budaya terpopuler. Ajang ini merupakan kerjasama ayojalanjalan.com dengan Kementerian Pariwisata Indonesia.

“Mari berikan dukungan dengan memberikan “vote”, agar Erau memiliki suara terbanyak dalam ajang tersebut,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kukar, Sri Wahyuni, Rabu (8/6/2016).

Adapun cara memberikan vote, dengan mengunjungi website ayojalanjalan.com, lalu klik menu DUKUNG & VOTE PARIWISATA INDONESIA. lalu pilih kategori Festival Budaya Terpopuler, kemudian tandai Festival Erau Kutai Kartanegara-Kaltim, cantumkan alamat email anda dan klik “Vote”.  Atau untuk lebih singkatnya, dapat langsung mengunjungi website https://ayojalanjalan.com/vote/index.php/festival-budaya-terpopuler, lalu ketik alamat email dikolom yang tersedia, klik tandai Festival Erau Kartanegara – Kaltim, lalu klik vote.

Sri mengatakan, voting ini akan berlangsung sampai 23 Agustus 2016.

Dikatakannya, dampak dari masuknya Erau sebagai nominasi pada kegiatan tersebut tentu baik untuk promosi Erau di tanah air,  dan semakin mempopulerkan Erau, yang berdampak terhadap promosi daya tarik wisata di Kukar dan Kaltim umumnya.

“Mari jadikan Festival Erau sebagai Festival Budaya Terpopuler di tanah air. Saya mengapresiasi tinggi kepada yang sudah memberikan dukungannya,” ujarnya.

Delegasi Korea Selatan di Erau 2015
Delegasi Korea Selatan di Erau 2015 (foto:LVL)

Upacara Adat Erau yang dilaksanaan bersama International Folk Art Festival (EIFAF), digelar pada 22-28 Agustus 2016 di Kota Raja Tenggarong, Kukar.

EIFAF tahun ini akan dimeriahkan 10 delegasi kesenain dari 9 negara anggota “International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Art” (CIOFF) yaitu, Taiwan (2 grup), Bulgaria, Rumania, Rusia, Polandia, Idaho USA, Lithuania, Estonia, dan Canada (Ukranian).

Sri mengatakan, selama pelaksanaan EIFAF, pengunjung maupun masyarakat dapat menyaksikan kegiatan adat Erau yang dipusatkan di Keraton atau Museum Mulawarman,  serta atraksi kesenian termasuk dari CIOFF. (HA)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password