Kemenag Kukar : Data Hilal 2 Derajat Memungkinkan Puasa Besok

ilustrasi (panjimas.com)

DETAKKaltim.Com Tenggarong  : Kantor Kementerian Agama Kota Tenggarong, Kutai Kartanegara Kalimantan Timur melakukan pemantauan hilal untuk menetapkan 1 Ramadhan 1437 Hijriah di Gunung Sentul Tenggarong Kukar, Minggu ( 5/6/2016).

Dari hasil pantauan hilal sore tadi, Matahari tenggelam Pukul 18.13.33 detik, posisi Matahari pada saat tenggelam adalah 292 derajat,  sementara bulan 288 derajat 5 menit, kemudian  ketinggian hilal pada saat matahari tenggelam adalah  3 derajat 51 menit 33 detik.

H Sulaiman Anwar mengatakan, peraturan atau dasar yang ditetapkan Kementerian Agama syarat bisa dilihat hilal, adalah minimal 2 derajat. Sekarang data hilal adalah 2 derajat dan besok memungkinkan dilaksanakan puasa.

“Mudah-mudahan di seluruh Indonesia bisa melihat rukyatul hilal dengan jelas, walaupun di tempat kita cuaca tidak mendukung, matahari terlindung  awan gelap mendung. Saya berharap awal Puasa atau  1 Ramadhan ini bisa seragam. Dari Muhammadiyah sudah menetapkan bahwa besok sudah dimulai puasa,” tutur H Sulaiman.

Hasil riyatul hilal seluruh Indonesia nanti akan dikumpulkan ke Kementrian Agama pusat dan kemudian dilakukan sidang isbad dan dari data itulah  menjadi dasar penetapannya.

Menyikapi perbedaan yang terjadi, Sulaiman Anwar mengatakan jika terjadi perbedaan, agar  kita dapat bertoleransi dengan kedewasaan bahwa perbedaan tidak membawa perpecahan, dan jadikan  perbedaan itu membawa rahmat.

“Ini adalah ranah keyakinan mereka yang yakin dengan hisab, tentu saja mereka melakukan dengan keyakinan mereka, dan kita yang tidak dengan hisab menunggu ketetapan pemerintah, dan kita harapkan tidak ada saling merendahkan atau apapun itu,” jelasnya. (Uli)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password