Jelang Ramadhan, Disperindagkop Kukar Gelar Pasar Murah

M.Bustani. (foto:uli)

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kukar akan menggelar pasar murah di 15 titik yang tersebar di beberapa kecamatan seluruh Kukar. Pasar murah ini digelar mulai besok  3 Juni hingga 20 Juni 2016.

“Ada 15 titik desa di 5 kecamatan untuk pasar murah yang akan kami gelar besok,” kata Azmidi, Kepala Disperindagkop Kukar melalui  Kepala Bidang Perdagangan, M Bustani, Kamis (2/6/2016).

Kelima kecamatan tersebut adalah Kota Bangun, Muara Wis, Sebulu, Tenggarong Seberang dan Loa Kulu.

Kegiatan pasar murah ini digelar untuk mempermudah masyarakat di pelosok atau di pedesaan yang sulit untuk mendapatkan barang, karena jarak tempuh yang cukup jauh dan kestabilan harga bahan kebutuhan pokok (Sembako) yang cenderung meningkat selama Ramadhan.

Dia berharap, kegiatan pasar murah ini tidak membuat warga terbebani dengan kenaikan harga selama Ramadhan, khususnya warga yang ekonominya menengah ke bawah.

“Pasar murah dilakukan untuk mengontrol harga sembako, khususnya saat memasuki bulan Ramadhan. Biasanya, selama Ramadhan harga sembako melambung seiring tingginya permintaan terhadap bahan pokok tersebut,” ucap Bustani.

Dalam kegiatan pasar murah ini, Disperindagkop selalu melibatkan pihak distributor sembako di Samarinda. Sehingga harga kebutuhan pokok relatif lebih murah dari pada harga di pasaran. Harga barang disesuaikan dengan harga dari distributor.

Pasar murah yang diadakan di 15 lokasi tersebut bertujuan untuk meringankan keuangan masyarakat.

”Itu karena bahan makanan yang dijual lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran,” terang Bustani.

Diterangkannya, operasi pasar murah ini hanya sekali di setiap desa dan melibatkan Kepala Desa untuk memberikan letak pasar tersebut. Pasar murah ini setiap tahun rutin dilaksanakan. Selain bulan Puasa operasi pasar murah ini juga diadakan disaat momen perayaan keagamaan dan menjelang pergantian tahun seperti Natal dan tahun baru.(Uli)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password