MTQ Kaltim, Kafilah Sempatkan Berwisata di Tenggarong

Kafilah Bontang menuju Pulau Kumala melintasi Jembatan Repo-Repo. (foto:HA)

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Para Kafilah Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) tingkat Provinsi Kalimantan Timur ke-38 di Kutai Kartanegara (Kukar), menyempatkan untuk berwisata di Tenggarong, sesaat sebelum ditutupnya kegiatan MTQ tersebut.

Salah satunya yaitu Kafilah Kota Bontang, yang mengunjungi beberapa tempat wisata di Kota Raja.

“Ini untuk mengisi waktu senggang, karena lomba sudah habis dan tinggal menunggu pengumuman pemenang, jadi kami sempatkan berwisata,” ujar Syamsul Chaidir salah satu Kafilah Bontang, saat ditemui di Jembatan Repo-repo menuju Pulau Kumala, Jum’at (27/5/2016) menjelang sore.

Dikatakannya, sebelum ke Pulau Kumala, saat pagi pada hari yang sama, dirinya dan Kafilah Bontang lainnya telah mengunjungi Museum Mulawarman, dan Planetarium Jagad Raya.

Syamsul mengaku cukup terkesan ketika berada di Planetarium, dan bisa menyaksikan tayangan mengenai tata surya dalam bentuk 3 Dimensi tanpa kacamata.

“Bagus, di Planetarium tadi cocok untuk menambah pengetahuan dan pendidikan,” ujarnya singkat, sambil tergesa mengejar rombongannya yang telah lebih dahulu menyeberang ke Pulau Kumala.

Pelaksanaan MTQ Kaltim ke-38 yang resmi dibuka Wakil Gubernur Kaltim H Mukmin Faisyal, pada Minggu (22/5) malam, rata-rata telah selesai melaksanakan berebagai cabang lomba pada Kamis (26/5), bahkan ada beberapa cabang lomba yang selesai pada Rabu (25/5). Sehingga hal tersebut, dimanfaatkan para Kafilah untuk menikmati suasana Tenggarong. Sedangkan pengumuman pemenang, atau penutupan MTQ dilaksanakan pada Jum`at (27/5/2016) malam.

Total Kafilah yang mengikuti MTQ Kaltim ke-38 sebanyak 1.104 Orang, jumlah tersebut terdiri dari 9 Kabupaten/Kota dan 1 sebagai peninjau yaitu Kabupaten Mahakam Ulu.

Sedangkan jumlah cabang Musabaqah yang dilombakan sebanyak 21 Cabang, dengan Dewan Hakim sebanyak 68 orang dan Panitera sebanyak 14 orang.

Kemudian panitia telah menyediakan 10 hotel untuk para Kafilah, hotel maupun penginapan tersebut berada di sekitar Tenggarong.

Berita terkait : MTQ Kaltim Ke-38 Resmi Dibuka

Guna memeriahkan pelaksanaan MTQ juga diadakan stand pameran dan bazar berlokasi di seputar Tugu Monumen Pancasila diperuntukkan bagi 10 Kabupaten/Kota, dan di Pulau Kumala terdapat stand Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan pamera Kiswah atau kain pentup Ka’bah. (HA)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password