Plh KSOP Samarinda Tampung Aspirasi Pelaut, Kapolsek Akui Terjadi Pungli

Plh. KSOP Samarinda bersama Kapolsek wilayah Pelabuhan bersama perwakilan demonstran. (foto:MS44)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Aksi demonstrasi yang dilakukan oleh Pergerakan Pelaut Indonesia Samarinda Kalimantan Timur, di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Samarinda langsung diterima oleh oleh pihak Syahbandar, Kamis (26/5/2016) siang.

Pelaksana Harian (Plh) Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Samarinda Mukharis menyebut bahwa, aspirasi Pergerakan Pelaut Indonesia Samarinda Kalimantan Timur sudah ditampung.

“Ya sementara aspirasi mereka sudah kami tampung, kita belum bisa kasih keputusan mengingat Kepala Syahbandar masih berada di luar daerah. Nanti kami akan panggil kembali, namun tidak dengan massa yang banyak. Hanya perwakilannya saja yang kita panggil,” ucap Mukharis.

Dalam Aksi damai ini memang ada beberapa poin tuntutan mereka, namun pihak Syahbandar juga belum bisa memberikan keputusan mengenai tuntutan mereka.

Unjuk rasa
Aksi demonstrasi yang dilakukan oleh Pergerakan Pelaut Indonesia Samarinda Kalimantan Timur. (foto:ms44)

 

Mukharis juga menambahkan, nantinya kita akan duduk bersama serta memanggil pihak terkait seperti DPRD yang membawahi tentang ketenaga kerjaan, Dinas Perhubungan Kaltim, Dinas Tenaga Kerja Kaltim, INSA, serta Kapolsek Kawasan Pelabuhan Samarinda, tambahnya.

Di tempat yang sama, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Samarinda Kompol Ervin Suryatna juga menanggapi  tentang tuntutan dari Pergerakan Pelaut Indonesai Samarinda Kalimantan Timur, dengan adanya oknum aparat dan ormas yang meminta pungutan liar/jatah berupa bahan bakar dan uang.

“Tentang pungutan itu benar adanya, kami juga sering melakukan patroli bersama KSOP di sekitaran Sungai Mahakam dan ada juga beberapa pelaku yang kami amankan, namun karena tidak ada laporan jadi kita bina saja,” ungkap Kompol Ervin Suryatna.

Kompol Ervin Suryatna menambahkan kepada Wartawan DETAKKaltim.Com dirinya akan terus menindak pelaku atau oknum yang berusaha meminta-minta kepada kapal yang lewat. Namun sebaiknya pihak pelaut harus melapor kalau ada pungutan liat. (MS44)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password