77 Pengurus FORKI Kaltim Dilantik, H Akil : Jadikan Karate Cabor Unggulan

Ketua Umum PB FORKI Jenderal TNI Gatot Normantyo dan Ketua Umum FORKI Kaltim H Akil Mappeasse terlibat pembicaraan serius disaksikan Ketua Umum KONI Kaltim Dr Zuhdi Yahya. (foto:LVL)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Ketua Umum Pengurus Federasi Karate Do Indonesia (FORKI) Kaltim H Akil Mappeasse periode 2016-2020 yang dilantik Ketua Umum PB FORKI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, di Balai Sudirman Balikpapan, Jum’at (20/5/2016) tidak kuasa menyembunyikan rasa senangnya atas pelantikannya hari ini.

“Hampir tidak pernah terjadi kita insan Karate Kaltim, khususnya FORKI Kaltim mendapat kehormatan yang begini tinggi, dilantik oleh Ketua Umum PB FORKI, Panglima TNI Bapak Jenderal Gatot Nurmantyo,” tutur H Akil dalam sambutannya usai dilantik.

Diungkapkannya, pelantikan hari ini amat sangat mendadak, dia dihubungi melalui pesan singkat (SMS) pagi tanggal 19 Mei 2016 Pukul 00:13 WITA. Dilanjutkan  dengan instruksi pertelpon paginya dari Sekjen PB FORKI Mayor Jendral Purnawirawan Lumban Sianipar, bahwa Pengurus FORKI Kaltim akan dilantik besoknya yaitu hari Jum’at 20 Mei 2016 (hari ini-red).

“Persiapan kurang dari satu hari untuk menghubungi semua pihak terkait, namun berkat bantuan yang luar biasa oleh Perwira-Perwira di Kodam VI Mulawarman ini, terutama Bapak Aster Kolonel Syaiful Azis dan tentu saja atas instruksi Bapak Pandam VI Mulawarman, maka inilah hasilnya seperti yang kita saksikan saat ini,” paparnya.

H Akil yang pernah merasakan disiplin dalam pendidikan militer di masa lalu, meski tidak sampai tuntas memahami cara kerja militer Indonesia.

“Inilah gaya militer, tidak ada yang tidak bisa kecuali menghidupkan orang mati. Gaya ini harus dicontoh oleh kita-kita insan Karate. Cepat dan Tepat, serta harus bisa,” imbuhnya.

Pengurus FORKI Kaltim yang baru dilantik berjumlah lebih 77 Orang, lanjut H Akil, siap melaksanakan amanat pernyataan pelantikan seperti yang telah diamanatkan oleh Ketua Umum PB FORKI, mengangkat harkat dan martabat bangsa melalui pembinaan Karate, dan dengan selalu berlandaskan kepada sumpah Karate.

Sebagai Ketua Umum FORKI Kaltim yang sebelumnya dipilih secara aklamasi, H Akil Mappeasse kembali memaparkan visi dan misinya di hadapan Ketua Umum PB FORKI serta tamu dan undangan, untuk menjadikan Cabor Karate sebagai cabang olah raga unggulan di Kaltim yang dikagumi, disayangi dan dicintai.

Pelantikan Pengurus FORKI Kaltim hari ini menandai dimulainya babak baru dalam perjalanan sejarah FORKI benua etam, ujian berat tengah menanti. Pekan Olaraga Nasional XIX pada bulan September 2016 tidak lama lagi, mampukah pengurus baru ini mengulang sejarah pencapaian atlet Karate Kaltim pada PON XVII tahun 2008 yang merebut 2 Medali Emas. Atau akan kembali terpuruk seperti pada PON XVIII tahun 2012 di Riau yang pulang dengan tangan hampa.

Yang pasti, 8 orang Karateka Kaltim yang akan bertarung pada PON XIX di Jawa Barat saat ini tengah mengikuti Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda). Mereka adalah investasi besar yang telah ditanamkan pengurus periode sebelumnya. Kita lihat saja nanti. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password