Banjir Bandang Hantam Sigi, 1 Tewas 9 Rumah Hanyut

Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.

DETAKKaltim.Com, SULAWESI TENGAH : Hujan deras yang berlangsung cukup lama telah menimbulkan banjir bandang di Desa Sintuwu, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah pada Selasa (17/5/2016) Pukul 15:30 Wita. Demikian disampaikan Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB melalui rilis Persnya yang diterima redaksi DETAKKaltim.Com malam ini Pukul 00:09 WITA.

“Data sementara berdasarkan laporan BPBD Sulawesi Tengah ada 1 korban jiwa meninggal dunia atas nama Dimas (10) dan 9 rumah hanyut dan rusak berat, puluhan hektar lahan pertanian rusak. Sebanyak 9 KK mengungsi di rumah warga terdekat,” jelas Sutopo.

BPBD Provinsi Sulawesi Tengah telah memberika  bantuan berupa logistik, dapur umum, makanan siap saji, terpal dan sebagainya. BPBD bersama unsur lain seperti TNI, Polri, Basarnas, PMI, SKPD, relawan dan masyarakat membersihkan  badan jalan agar tidak terputus. Pendataan masih dilakukan.

Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada terkait cuaca ekstrem yang memicu banjir bandang. Meluruhnya El Nino telah menyebabkan curah hujan selama bulan Mei cenderung lebih besar dibandingkan normalnya. Akibatnya banjir, longsor dan puting beliung banyak terjadi di wilayah Indonesia. Bahkan jika dibandingkan dengat tahun sebelumnya, banjir dan longsor lebih besar dari pada pola normalnya, jelas Sutopo. (LVL).

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password