Bangkitkan Sepak Bola Kukar Melalui Bupati Cup

Plt Sekda Kukar H Marli membuka penyisihan Bupati Cup 2016 di Muara Kaman ditandai dengan meyerahkan Bola kepada wasit. (foto:HA)

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara (Kukar) H Marli berharap turnamen Bupati Cup dapat menjadi implementasi nyata bagi kebangkitan Sepak Bola Kukar.

“Karena, diharapkan turnaman ini menjadi sarana pembinaan dan pengembangan pemain muda lokal daerah kita, serta ajang untuk menunjukkan skill terbaik mereka,” ujar H Marli saat membuka  babak penyisihan turnamen Bupati Cup zona tengah grup D di Stadion Rondong Demang Tenggarong, Senin (16/5/2016).

Marli mengatakan, Kukar memiliki dua stadion yakni Rondong Demang, dan Stadion Madya Aji Imbut. Sehingga diharapkannya, infrastruktur olah raga tersebut dapat dijadikan pembangkit semangat dan mimpi para pemain muda Kukar, untuk berlaga di level profesional.

“Bukan tidak mungkin adik-adik bisa bermain di klub profesional seperti Mitra Kukar, maka teruslah berprestasi, banggakan keluarga, dan daearah,” ujarnya.

Marli mengatakan, Pemkab tentunya akan mendukung dalam pembinaan sumber daya manusia, salah satunya dalam hal olah raga, termasuk Sepak Bola.

Selanjutnya Marli berpesan agar semua yang terlibat dalam pertandingan dapat menjaga kondusifitas, menjunjung tinggi sportifitas dan fair play, seta menegakkan dan mentaati regulasi yang ada.

Sementara Ketua Umum KONI Kukar Ria Handayani mengapresiasi PSSI Kukar di bawah kepemimpinan Salehuddin S.Fil yang menggulirkan kembali Bupati Cup setelah hampir 13 tahun vakum.

Ria berharap melalui Bupati Cup, mempermudah PSSI mencari bibit handal pesepakBola untuk mewakili Kukar pada Porprov 2015.

“Juara bukan ditemukan tapi diciptakan, salah satunya melalui turnamen seperti ini. Tentunya hanya dukungan yang kami berikan kepada PSSI untuk pembinaan Sepak Bola, agar berjaya meraih emas Porprov 2018,” harapnya.

Sedangkan Sekretaris Umum PSSI Kukar Arifin Noor mengatakan, terlaksananya Bupati Cup merupakan bukti nyata dukungan Pemkab dan KONI Kukar dalam pembinaan Sepak Bola.

“Terim kasih kepada Pemkab, KONI, Bank Kaltim, beberapa perusahaan dan semua pihak yang telah mendukung berlangsungnya kegiatan ini,” ujarnya.

Dikatakannya, Bupati Cup tahun ini dilaksanakan di beberap zona pada kecamatan se-Kukar, karena ingin membangkitkan geliat semangat Sepak Bola di Kecamatan-kecamatan. Turnamen itu juga sekaligus untuk mencari bibit-bibit handal yang kemudian diseleksi dan dibina guna mewakili Kukar dalam Porprov 2018. Sehingga pesertanya lebih diutamakan yang berusia di bawah 19 tahun, menurutnya, agar 2018 nanti saat usia pemain menginjak 20-21 tahun skillnya sudah matang.

“Event ini kami harap melahirkan talenta terbaik, untuk mengantarkan Kukar meraih Medali Emas Sepak Bola Porprov 2018,” demikian katanya.

Acara tersebut juga dihadiri Dandim 0906 Tenggarong Ari Pramana Sakti, Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen, serta kepala instansi terkait dan para Camat yang timnya berlaga di Rondong Demang.

Penyisihan Bupati Cup zona tengah di Rondong Demang, berisikan tim tuan rumah, tim Loa Kulu dan Loa Janan.

Bupati Cup tahun ini penyelenggaraan dibagi dalam tiga zona, yaitu zona Hulu Mahakam, zona tengah dan zona hilir.

Masing-masing zona ini terdiri dari 2 grup yang setiap grupnya berisikan 3 tim kecamatan. Di mana setiap grup akan diambil 2 tim untuk berlaga di babak selanjutnya yang dilaksanakan di Tenggarong. Peserta turnamen ini adalah 18 tim yang mewakili 18 Kecamatan se-Kukar. (HA)

 

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password