Pemda Malinau Bangun Tower Seluler

Ilustrasi (foto:tekno.kompas.com)

DETAKKaltim.Com, MALINAU : Kebutuhan masyarakat Kecamatan Malinau Selatan terhadap komunikasi seluler menjadi kerinduan yang akan terobati, Tahun ini Pemerintah Daerah (Pemda) Malinau akan membangun 1 tower lagi di Desa Metut.

Diterangkan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Disubkominfo) H Muhamad Pandi, Kamis (28/4/2016). Tower yang dibangun di Metut sama dengan tower-tower lainnya yang sudah dibangun di wilayah lainnya. Seperti yang dibangun di wilayah pedalaman dan perbatasan.

Anggaran pembangunan tower tersebut dibiayai oleh APBD Malinau tahun 2016.

“Anggarannya dari APBD. Daerah yang bangun,” ungkapnya.

Dishubkominfo dapat memastikan, tower tersebut nantinya akan digunakan bekerja sama dengan Telkomsel.

“Kemungkinannya nanti kerja sama dengan Telkomsel, karena kami sudah melakukan pembicaraan-pembicaraan,” papar H Muhamad Pandi.

Tidak hanya itu, terkait dengan pengoperasian tower yang dibangun tahun lalu di Desa Setulang Kecamatan Malinau Selatan Hilir, mantan Kepala Badan Kesbangpolinmas ini menjelaskan bahwa saat ini pengoperasian tinggal menunggu pihak Telkomsel.

“Kami sudah koordinasi dengan Telkomsel. Masalahnya saat itu adalah antena.  Tapi belum ada lagi informasi terkit dengan tindak lanjutnya,” sebutnya.

Untuk dapat beroperasi, tower tersebut masih membutuhkan alat penguat signal.

“Supaya signal  sampai ke pemukiman,” terangnya.

Signal yang dipancarkan tidak kuat karena tidak menggunakan BTS. Ditambah jarak dari tower ke pemukiman warga lumayan jauh yaitu sekitar 2 km.
Kondisi jaringan yang mempengaruhi lemahnya signal, pihaknya berupaya untuk mencari solusi agar pemukiman yang ada di kawasan tersebut terjangkau dengan baik.(Fen)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password