Cari Jalan ke Manca Negara, KEBUGIS Gelar Malam Budaya Internasional

Tari Padduppa. (foto:i1os.com)

DETAKKaltim.Com, JAKARTA : Pengurus Besar Keluarga Bugis Sidenreng Rappang (PB KEBUGIS) akan menggelar kegiatan Malam Bugis Internasional (Bugis International Night/BIN), 13 Mei 2016 di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata RI Jalan Merdeka Barat Jakarta Pusat.

Menurut Ketua Panitia Muhammad Akbar Ali, perhelatan ini diselenggarakan bekerja sama dengan beberapa Kantor Perwakilan (Kedutaan Besar) negara-negara sahabat, misalnya Kedutaan Spanyol, Tiongkok Cina, Pakistan, India, Malaysia dan Pakistan.

“Acara Bugis Internasional Night ini akan menampilkan berbagai seni dan kuliner asal Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan. Misalnya Seni Tari Padduppa, Seni Marraga, Pakkacaping, termasuk Tari Bissu dari Pangkep dan sedang menunggu konfirmasi beberapa kedutaan negara-negara sahabat,” ungkap Akbar.

Acara malam seni ini direncanakan dihadiri dan dibuka oleh Wakil Presiden RI HM Jusuf Kalla bersama Menteri Pariwisata, dan undangan beberapa Duta Besar, serta undangan umum lainnya yang diperkirakan panitia mencapai 500 tamu.

Lebih lanjut dijelaskan Ketua Panitia BIN, tujuan penyelenggaraan pementasan seni ini adalah selain memperkenalkan berbagai jenis seni asal Sulawesi Selatan, khususnya dari Sidrap ke negara-negara sahabat, juga mencari peluang kerja sama negara-negara sahabat untuk menampilkan berbagai seni khas Sidrap ke manca negara.

“Seluruh rangkaian pementasan seni digagas sebagai ajang memperkuat tali silaturrahmi (assumpulolongeng) sesama warga perantau (passompe’) asal Sidrap, Bumi Nene Mallomo se-Jabodetabek khususnya dan seluruh Indonesia umumnya,” imbuh Akbar.

Masih menurut Akbar, acara BIN ini sekaligus dalam rangka menyambut ulang tahun pertama PB Kebugis yang dideklarasikan 18 April 2015, di Gedung Manggala Wanabakti yang dihadiri Bupati Sidrap Rusdi Masse, Ketua DPRD dan berbagai tokoh dan undangan asal Sidrap tahun lalu yang mencapai 1000 tamu.

Karena itu, Panitia memohon doa restu dan dukungan khususnya ke semua stakeholder, tokoh-tokoh asal Sidrap agar berkenaan ikut membantu menyukseskan dan menghadiri hajatan internasional ini. Panitia telah mengedarkan beberapa proposal kegiatan, dan segera mencetak undangan.

“Jika pementasan seni budaya internasional ini sukses, maka nama Sidrap akan harum dan dikenal di seluruh dunia dan di tingkat nasional khususnya,” tandasnya.

PB KEBUGIS saat ini berkantor di Gedung Hanurata Graha Lt. 2 Jl. Kebon Sirih Kav. 67-69 Jakarta Pusat 10340. Bagi yang ingin berpartisipasi dalam acara BIN bisa menghubungi panitia di  081295441012. Email: pb.kebugis@gmail.com. (Salehmude)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password