SKOI Membuka Pendaftaran Siswa/Atlet Baru Tahun 2016

SKOI Kaltim. (foto:sentot)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Perjalanan SKOI Kalimantan Timur sudah berusia 5 tahun, namun masyarakat Kalimantan Timur khususnya, belum mengetahui secara luas tentang latar belakang berdirinya Sekolah Khusus Olahraga Internasional ( SKOI ) Kalimanatan Timur.

Ide dasar berdirinya SKOI tidak terlepas dari peran penting Gubernur Kalimantan Timur Dr H Awang Faroek Ishak, yang berkeinginan agar Kaltim bisa memberikan kontribusi pembangunan segala bidang di tingkat nasional, bahkan internasional khususnya bidang olahraga.

Hal ini terlihat dalam Visi dan Misi SKOI yang Menyiapkan SDM yang unggul dan berpretasi di bidang olahraga dan akademis berdasarkan intelektualitas, disiplin tinggi, berwawasan IPTEK serta berlandasan iman dan taqwa.

SKOI Kaltim juga ditetapkan  sebagai salah satu Sekolah Olahraga Acuan Nasional oleh Kemenpora RI, dan sekarang SKOI Kaltim memiliki fasilitas baru di kompleks Stadion Utama Palaran-Kaltim dengan menambah kuota atlet hingga 500 siswa/atlet, sehingga akan memunculkan torehan atlet yang berprestasi dan mengharumkan nama bangsa dan negara.

Tahun pelajaran 2016/17, SKOI membuka pendaftaran siswa/atlet baru untuk  dua satuan pendidikan yaitu SMP dan SMA. Seperti dijelaskan oleh Sekretaris/Kepala TU SKOI Drs Sutikno.

” Ya, SKOI Kaltim membuka pendaftaran untuk2 jenjang satuan pendidikan yakni SMP N khusus olahraga dan SMA N khusus olahraga. keduanya ter akreditasi predikat A ( Amat baik ),” ujarnya.

Berdasarkan informasi dari Publik Relation dan Kehumasan SKOI Kaltim, SKOI Kaltim juga menjadi tim inti penyusunan Kurikulum Sekolah Keberbakatan Olahraga yang dilaksanakan oleh Kemendikbud RI, sehingga jam belajar ada unsur menyesuaikan dan di benarkan oleh Sutikno.

“Jam belajar di SKOI Kaltim menyesuaikan proses latihan tanpa mengurangi muatan akademik siswa/atlet, semua biaya proses belajar dan mengajar ditanggung Pemerintah Provinsi Kaltim dan diasramakan. Siswa tinggal latihan dan belajar saja, gratis bagi calon siswa atlet,“ jelasnya.

Bagi mereka yang lulus dan diterima di SKOI Kaltim diasramakan, hal ini dalam rangka menerapkan jiwa korsa dan disiplin ketat serta nenanamkan nilai-nilai sportivitas dan membentuk karakter atlet –siswa berdaya juang tinggi. Karena itu untuk pembinaan di asrama ditangani oleh anggota TNI aktif, pendidikan menyerupai militer, imbuh Sutikno.

Untuk tahun ini SKOI membuka pendaftara atlet/siswa baru tahun 2016 pada tanggal 1 April sampai14 Mei 2016, seleksi berkas tes akademik, tes kesehatan, tes psikologi, tes fisik/pencaboran mulai tanggal 16 – 29 Mei 2016. Pengumuman hasil seleksi 5 Juni 2016, daftar ulang 7-8 Juni 2016 dan masuk asrama 21 Juni 2016.

Menurut Sutikno, pada tahun pelajaran 2016/2017 ada 20  cabang olahraga yang diterima masing-masing  Bulu Tangkis, Pencak Silat, Angkat Besi, Panahan, Karate, Kempo , Hockey, Tenis Meja, Anggar, Senam, Judo, Sepatu Roda, Atletik, Tarung Derajat, Taekwondo, Panjat Tebing, Sepak Bola, Tenis Lapangan, Catur dan Renang.

Jika berminat, Sutikno mempersilahkan mendaftar sesuai jenjang pendidikan. Tempat pendaftaran di Sekretariat Panitia PSB Jln UPTD SKOI Kaltim Jln HM  Rifadin poros Utama Palaran atau Klik web : www.skoikaltim.net.( sentot )

 

 

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password